≡ Menu

Sebelum Anda Berfikir Sukses, Bersiaplah untuk Gagal Terlebih dahulu

gagalSebelum anda berfikir sukses, bersiaplah untuk gagal terlebih dahulu. Sadis memang judul artikel saya di atas… 🙂 tapi memang itu kenyataannya jika anda benar-benar ingin sukses terjun di bisnis internet. Anda harus siap untuk gagal terlebih dahulu… dan saya kira, hal tersebut juga terdapat pada bisnis yang lainnya… tidak hanya pada bisnis internet saja. Walau sudah banyak sekali para pebisnis internet yang bergembor-gembor bisnis internet itu sulit, akan tetapi banyak pula orang yang masih tidak tahu akan hal tersebut… dan mengira, bahwa bisnis internet itu mudah, cepet bikin kaya… dan hal inilah yang membuat orang merasa terjebak dan merasa kecewa dengan bisnis internet karena hasilnya tidak sesuai yang di bayangkan… (kalau mudah, saya udah kaya raya dari dulu mas… :p )

Saat anda memulai bisnis internet, sebaiknya anda persiapkan mental terlebih dahulu untuk gagal… (wah.. mas  tri ini aneh ya.. masak mau bisnis malah suruh bersiap-siap gagal? Gak memotivasi nih…) Saya berkata demikian karena memang itu kenyataannya… dan anda bisa kok bertanya orang yang telah sukses di bisnis internet… mereka awalnya gagal… akan tetapi dengan kegagalan tersebut mereka bisa belajar dan mendapatkan banyak ilmu dan dan pengalaman untuk tidak mengalami kegagalan yang kedua kali…

Jadi, jika saat ini anda baru terjun di bisnis internet dengan angan-angan, tujuan dan pemikiran untuk sukses, itu memang benar… akan tetapi juga perlu anda ingat, berfikirlah untuk gagal sebelumnya… karena dengan berfikir untuk gagal diri anda akan lebih matang dan kuat menghadapi segala rintangan dan kendala dalam berbisnis internet dan yang paling penting jangan mudah putus asa dan menyerah dengan kendala yang anda hadapi…. Jangan lupa, Belajar dari kegagalan orang lain, itu juga sangat penting….

Salam sukses,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 24 comments… add one }
  • Ricky 30 June 2009, 12:45

    Benar mas, satu kenyataan pahit yang harus kita tahu adalah potensi kegagalan bisnis internet jauh lebih besar daripada keberhasilannya…Dan kalo saya amati, sebagian besar kegagalan seorang marketer disebabkan rasa bosan karena menunggu penghasilan yang ternyata tidak sesuai dengan harapan…
    Nice post mas tri

    Ricky
    Businessman

  • rudy azhar 30 June 2009, 13:34

    Semua tujuan emang harus ada rintangannya, begitu juga kalau kita ingin sukses, rintangannya ya gagal itu… Saya aja udah malang melintang sampe berdarah-darah (ini bener lho, bukan rekayasa) menghadapi kegagalan demi kegagalan dalam menjalankan bisnis, tapi saya pantang menyerah, karena tujuan saya hanya satu, yaitu SUKSES, segala rintangan harus saya hadapi.. apapun itu………

    • rudy azhar 30 June 2009, 17:31

      @T. Wahyudi, dibagian hidung Mas (mimisan) he..he..he..

  • NoRLaNd 30 June 2009, 20:05

    untuk beberapa orang, kegagalan adalah hal yang sulit untuk di terima.. seperti diriku T_T

    • maksum 1 July 2009, 02:48

      @NoRLaNd, harus banyak2 iklhas mas, heheh

    • T. Wahyudi 1 July 2009, 09:02

      @NoRLaNd, yang penting kita tidak terlarut dalam kegagalan aja mas… ingat, pintu satu di tutup.. masih ada lubang/ atau pintu yang lain yang dapat anda coba…. yang penting tetap semangat mas norland….

  • Sumartono 30 June 2009, 20:53

    Memang dalam bisnis kita harus berfikir realistis. Sebab kegagalan adalah salah satu bagian dari proses menuju kesuksesan. Dalam bisnis apapun.

    • T. Wahyudi 1 July 2009, 09:05

      @Sumartono, betul sekali mas martono… akan tetapi masih banyk orang yang belum sadar akan hal tersebut… 🙂

    • M. Ansori 1 July 2009, 17:20

      @Sumartono, memang betul mas seperti itu asalkan tetap terus berjuang pantang menyerah…! Ada baiknya kita bisa menyimak apa yang pernah dikatakan oleh Thomas Alva Edison, sang penemu bola lampu. Dia pernah berkata bahwa kegagalannya yang ribuan kali dalam menemukan bola lampu adalah merupakan keberhasilan dia menemukan ribuan kali cara yang salah untuk membuat bola lampu…!

  • masoglek 30 June 2009, 23:00

    iya mas, dalam berbisnis kita harus bersiap menghadapi kegagalan
    nice artikel mas 🙂

    • T. Wahyudi 1 July 2009, 09:06

      @masoglek, seep!!
      terimakasih mas oglek….

  • maksum 1 July 2009, 02:50

    bisnis internet ga bisa seminggu atau dua minggu, perlu waktu, kecuali ada mentornya pasti cepet, tapi tetepi butuh waktu si.

    • T. Wahyudi 1 July 2009, 09:10

      @maksum, betul sekali mas maksum… saya udah belajar sejak 2007 aja masih bodoh… mungkin karena tidak ada mentornya kali ya mas… jadinya kurang fokus dan maksimal…. 🙂

      • maksum 1 July 2009, 22:21

        @T. Wahyudi, kalo bayar mentor mahal si ya, hehehe

        • T. Wahyudi 3 July 2009, 09:34

          @maksum, kalau sama saya gratis kok mas… tapi nanti pulangnya saya tinggalin nomor rekening…. he… 😀

  • haris 1 July 2009, 05:35

    amin bro Tri. dulu waktu awal-awal kuliah saya takut sekali untuk gagal. jadi susah sekali untuk memulai sesuatu yang kreatif. jadilah saya mahasiswa ‘bookish’-ke sana kemari petantang petenteng buku. dibaca juga kagak.

    tapi lama-lama, saya merasa itu malah membuat saya terikat beban, menjadi orang yang tidak merdeka.

    sekarang saya malah merasa bagian dari kegagalan. karena kesuksesan bagi saya adalah kumpulan dari kegagalan-kegagalan.

    • T. Wahyudi 1 July 2009, 09:14

      @haris, tapi dulu waktu kuliah kesana kemari bawa buku tapi gak di baca… waktu itu rasanya bangga ya mas… 😀 kelihatan kayak orang pandai… wakakakakakkk…. (bercanda mas haris 😀 )

      “kesuksesan bagi saya adalah kumpulan dari kegagalan-kegagalan” bebarti selama ini kegagalannya belum di kumpulin ya mas… 😀 kalau di kumpulin… pasti mas haris SUKSES!! 😀

  • marurat 1 July 2009, 12:03

    tepat sekali mas, berani berbuat harus berani gagal. saya sendiri sudah memikirkan hal tersebut ketika memulai bisnis di internet. saya tahu dan sadar bahwa akan sangat banyak mengeluarkan materi, usaha, dan pengorbanan untuk memulainya yang sebenarnya belum ada jaminan bahwa saya pasti berhasil. tapi itu semua memang harus dijalani. ibaratnya anak-anak ketika belajar berjalan tidak akan langsung berhasil, tapi terlebih dahulu akan jatuh dan terjatuh dan kemudian bangkit dan bisa berdiri dan berjalan dengan baik.

  • mashengky.com 1 July 2009, 14:14

    gaya tulisannya kayaknya gue kenal deh… wkwkwkwk.. spt blog sebelah tuh hahaha..

    lanjut mang.. genjot terusss

    • mashengky.com 1 July 2009, 14:32

      wuuiihh yg punya protes hahaha.. iya maasss.. tenang aja, lanjut teruuuusss

  • CandraDot.Com 2 July 2009, 03:46

    Kesuksesan seseorang tak hanya diukur dari kekuatan fisik semata, namun juga bagaimana ia melupakan kegagalan yang dahulu dan mengobati rasa sakitnya.

    mempelajari bagaimana kegagalan bisa menjadi ujung tombak kesuksesan.

    Genjot maaang!

  • Rio 14 July 2009, 22:43

    Setuju mas, kebanyakan para internet marketer itu gagal, karena tidak sabar dan tidak mau belajar dari kesalahan strategi bisnis yang dijalankan. Biasanya juga mereka tidak mau meminta “nasehat” internet marketer lainnya yang sudah sukses…!
    Salam Kenal…!

  • soccerholic.info 14 June 2010, 10:39

    yoi

Leave a Comment