≡ Menu

Kukuhkan Persahabatan, Eratkan Silaturahmi, Mantabkan JV

Oleh : Andrik Sugianto

Sengaja saya tuliskan artikel di blog super ini untuk membuktikan diri bahwa saya ogah disebut jago kandang yang hanya berani menulis diblog sendiri. Alasan kedua ketertarikan saya setelah membaca tulisan mas Tri wahyudiJV dengan TW online [dot] Biz di artikel sebelumnya  . Dengan membaca artikel tersebut kita bisa menangkap sebuah sinyal dan lampu hijau untuk menggalang kerjasama dengan pemilik TW online ini. Sebuah peluang memang jika kita mampu memanfaatkannya.

Baiklah sobat…..saya akan mulai tulisan sederhana ini dengan mengambil salah satu pesan yang sangat mulia dan agung serta wajib kita  menerapkannya. Salah satu hadist nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

“Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari pada shalat dan saum?” Sahabat menjawab, “Tentu saja!” Rasulullah pun kemudian menjelaskan, “Engkau damaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan ukhuwah di antara mereka, (semua itu) adalah amal saleh yang besar pahalanya. Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan” (H.R. Bukhari-Muslim).


Mohon maaf sebelum saya melanjutkan artikel  ini, saya sengaja mengambil hadist tersebut untuk memberikan garis tebal bahwa barang siapa yang mau menyambungkan tali silaturahmi dan persahabatan akan dibanyakkan rizkinya. Bukan bermaksud untuk mengguruhi anda atau memberikan khotbah kepada anda, karena saya yakin semua pasti sudah tahu, akan tetapi mungkin belum semuanya diterapkan.

Sejalan dengan apa yang saya tulis dalam judul artikel ini kukuhkan persahabatan, eratkan silaturahmi dan mantabkan JV, semua ini berawal dari hadist tersebut. Tentunya kita ingin kan di lebihkan rizkinya?

Awal Tahun 2010 ini merupakan awal tahun yang menggembirakan bagi  internet marketer khususnya, karena di tahun ini geliat pemakaian internet sebagai media yang menjembatani informasi sudah semakni menggila. Para IM pun mulai menggelarkan aksinya  masing-masing untuk menggalang kerjasama dalam berbagai bentuk, konteks, serta model bisnisnya. Mungkin sering timbul pertanyaan bagi diri kita sendiri, kalau kita hanya mengandalkan kemampuan kita sendiri mungkin akan tertinggal dari yang lainnya. Bagaimana mereka yang telah melakukan JV sudah eksis sedangkan kita baru mulai dari awal, terengah-engah  dan tertatih-tatih dilangkah awal. So….apa yang harus kita lakukan dengan keawaman  ini?

Saya yakin semua bentuk kerjasama, JV, atau apa pun model penamaannya semuanya didasarkan atas kepercayaan dan kebersamaan. Tidak mudah membangun kepercayaan ini, apalagi dizaman yang serba kompleks seperti saat ini mencari orang yang benar-benar bisa dipercaya adalah seperti mencari jarum di sela tumpukan jerami, semuanya perlu ketelitian dan kehati-hatian.

Untuk memulai kerjasama ataupun JV (saya khususkan pada bisnis online) tiada jalan lain selain kita mantabkan tali persahabatan dan silataruhmi, karena tanpa keduanya saya jamin semuanya adalah mustahil. Dari persahabatan yang  terjalin kita akan lebih bisa mengenali potensi dan kemampuan kita, disatu sisi kita punya potensi, disisi lain kita punya kebutuhan dan kelemahan. Kita punya peluang ini sedangkan teman kita punya kemampuan itu, dari sinilah akan berkembang sebuah kerjasama, yah… kerjasama bisnis, apapun bentuknya.

Dengan mempererat silaturahmi pula kita bisa  menghadapi setiap permasalahan yang datang pada kerjasama kita, jika kita mempunyai perasaan persahabatan yang tulus bukan tidak mustahil semua masalah akan terselesaikan dengan mudah dan  penuh kebersamaan.

Nah…terakhir bagi sobat yang ingin merintis bisnis online nya, jangan berfikir JV dulu sebelum anda merapatkan dan mengekalkan silaturahminya. Semua hanya fatamorgana jika berfikiran JV tapi menutup diri dari persahabatan, karena anda tidak mungkin sempurna. Kita diciptakan dengan serba kekurangan dan kelemahan, dengan kekurangan dan kelemahan ini pula kita bisa berfikir.

Sobat setujukah anda dengan pendapat saya? Atau bahkan ada pendapat yang lain? Saya tunggu partisipasinya di kolom komentar, dan saya benci pada komentar yang hanya mengatakan “informasi yang baik “atau “nice info”atau apalah bentuknya. Karena sejatinya komentar seperti ini tidak membangun, justru semakin melemahkan karena bisa jadi saya akan menjadi seorang yang over load PD.

{ 49 comments… add one }
  • T. Wahyudi 8 March 2010, 08:11

    pertamax dulu deh gan…. baru bisa jelas lihat wajah mas andrik….:cendol

    • andrik 8 March 2010, 17:01

      @T. Wahyudi, ya wis aq ngalah sama yg punya rmh. pertamax e dah diborong nih!!!

  • heru 8 March 2010, 08:27

    :pertamax:pertamax

    • andrik 8 March 2010, 17:17

      @heru, komengnya mana nih!!!

    • T. Wahyudi 9 March 2010, 08:58

      @heru, 1+1=2 :ngakak:ngakak:ngakak

  • dian lestari 8 March 2010, 09:05

    ketigak gak papa lah…… pertamaxnya dah diborong yang punya rumah…..:cd:mahongintip

    • andrik 8 March 2010, 17:12

      @dian lestari, yang punya rumah ni siapa to mbak dian?

  • Tips Online 8 March 2010, 10:01

    Setuju ….

    • andrik 8 March 2010, 17:12

      @Tips Online, kog setuju thok, komeng donk ah!!

    • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:36

      @Tips Online, :mahongintip

  • fadly muin 8 March 2010, 11:51

    pertama mau komen masalah fotonya, Kelihatannya orangnya galak nih, tapi ternyata hatinya lembut:cendol

    hadistnya mantap, menukik ke hati mas Andrik..
    mengingatkan saya untuk selalu mawas diri dalam menghadapi perselisihan..

    memulai sesuatu atas dasar persahabatan, akan mendorong kita untuk mempertahankan persahabatannya daripada bisnisnya. nanti kita akan uji, apakah memang benar demikian atau sebaliknya. yang membedakan nantinya adalah “nafsunya”.

    trims motivasi mengikat hati ini mas Andrik :cendol

    • andrik 8 March 2010, 17:14

      @fadly muin, walau kelihatan jahat insyaallah kog mas fadly. ato wajah q mirip kek wjh2 teroris gitu tah?

      • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:42

        @andrik, :ngakak:ngakak:ngakak:ngakak:ngakak:alay:alay:alay

    • andrik 8 March 2010, 17:15

      @fadly muin, insyaallah mas klo kerjasama kita dimulai dengan persahabatan jalannya akan lebih enteng dan fikiran kita gak ketimbun tentang “materi” aja.

      • fadly muin 9 March 2010, 09:59

        @andrik, tanpa bantahan yang krusial. “iya mas”.:cendol

      • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:42

        @andrik, setubuh… eh… setuju mas….. :alay:alay:alay

    • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:39

      @fadly muin, mas andrik kan mantap preman mas… wkwkwkwkw…. peace mas andrik…. :ngakak:ngakak:ngakak

  • Vidzas Erdien 8 March 2010, 12:04

    Mantab Mas Andrik!
    Penafsiran hadis yang sungguh nyata keberadaanya.:recseller

  • Agus Siswoyo 8 March 2010, 12:12

    Bersahabat dengan luwes, flexibel dengan tetap memegang prinsip diri. Maju terus mas…
    :cendol

    • andrik 8 March 2010, 17:16

      @Agus Siswoyo, pantang MUNDURRRRR

      • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:45

        @andrik, kalau mundur… di dorong….. :ngakak:ngakak:ngakak:ngakak

    • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:44

      @Agus Siswoyo, :alay:alay:alay

  • andry sianipar 8 March 2010, 15:58

    Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    memang taida keraguan dalam Agama in i mas,,,

    :alay:alay:alay

    • andrik 8 March 2010, 17:17

      @andry sianipar, SALAM HANGAT SALAM SUPER juga buat mas andri.

      justru karena tiada keraguan inilah mas saya jadi mengimaninya.

  • LendraAndrian 9 March 2010, 09:28

    sebagai manusia yang katanya makhluk sosial, tdk bisa kita berdiri sendiri, pastinya membutuhkan orang lain untuk saling kerja sama..

    untuk andriksugianto.com semoga TIDAK KALAH!! untuk kontes SEOnya :sundul

    • T. Wahyudi 9 March 2010, 15:46

      @LendraAndrian, :sundul2:sundul2:sundul2

    • Andrik Sugianto 9 March 2010, 16:46

      @LendraAndrian, kalau untuk ngisi halaman kelima kayake gak kalah tuh1!!:ngakak

  • Iwan Kus 9 March 2010, 16:20

    selamat mas andrik
    sudah masuk “guest writer club” hehehe

    • Andrik Sugianto 9 March 2010, 16:45

      @Iwan Kus, makasih, masih harus banyak belajar nih!!!

    • T. Wahyudi 12 March 2010, 05:59

      @Iwan Kus, mas juga toh…. :cendol

  • online-business-story.com 9 March 2010, 16:47

    saya rela kok digurui mas Andrik,
    karena saya rela bersahabat dengan anda 🙂

    terima kasih sharing hadistnya mas

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    • T. Wahyudi 12 March 2010, 06:00

      @online-business-story.com, saya jujga rela mas…. :sundul:sundul:sundul

  • suarakelana 9 March 2010, 22:33

    saya kira itu urutan yg bagus mas karena bisa memperkecil resiko
    bukan saja kenali pelanggan dan kenali pesaing, tapi juga kenali partner JV anda…tentunya via persahabatn dan silaturahim..:cendol

  • Ahmad Im-bisnis 9 March 2010, 23:10

    untuk semua blogger salam silaturahmi:shakehand2:cendol:cendol

  • Bundapreneur.com 10 March 2010, 05:44

    Tapi kadang JV bisa menghancurkan persahabatan ktk tdk mampu mengatasi konflik…mending g usah jv kalau ujungnyg malah putus silaturahim…

    • T. Wahyudi 12 March 2010, 06:02

      @Bundapreneur.com, :ngakak:ngakak:ngakak:ngakak:ngakak di pikir-pikir… bener juga bunda…. :alay:alay:alay

  • Pasang Iklan Baris 11 March 2010, 20:23

    Dengan bersilahturahmi dan jv akan memperkuat bisnis kita nantinya.

  • T. Wahyudi 12 March 2010, 06:02

    @evan, :cendol

  • bunga rangkaian 14 January 2012, 00:56

    cuma mau nitip link om 😀 heheheh
    maap sdikit nyampah 😛

  • karpet mobil 24 April 2014, 11:14

    I think the admin of this web site is in fact working hard in
    support of his web page, as here every stuff is quality based data.

Leave a Comment