≡ Menu

Inilah 7 Kesalahan Anda dalam Membangun Link Building

link-buildingBanyak praktisi internet berpengalaman memperkirakan pengaruh back link terhadap ranking di Google mencapai angka 90%. Karena itu bagi pemain SEO back link merupakan sesuatu yang maha penting. Sayangnya tidak semua memahaminya dengan benar. Bagi pemula, penting untuk difahami bahwa tidak semua back link memberikan manfaat, salah salam malah bisa merusak daripada membawa manfaat.

Link building yang baik dan benar adalah yang wajar, atau di dunia SEO sering disebut natural. Google ataupun search engine lainnya tidak merancang sistem penentuan ranking mereka untuk dikelabui, melainkan untuk memberi penghargaan bagi website yang baik dan mendapatkan link back secara natural. Link building yang baik dan benar bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi secara manual. Sayangnya itulah satu-satunya cara agar link back yang kita dapatkan benar-benar membawa manfaat. Tapi tentu ada sisi baiknya. Kita-kita yang bermodal pas-pasan pun memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil.

Mental sukses instan membuat kebanyakan orang melakukan kampanye link buildingnya dengan cara kamikaze, mengejar sebanyak mungkin back link secepat-cepatnya tanpa mempedulikan dari mana datangnya. Pemain yang memiliki cukup dana bahkan tidak peduli berapa uang yang dibenamkan disitu. Praktek ini justru kontra-produktif. Mungkin sesaat anda akan melihat perkembangan positif, tapi begitu Google dan search engine lainnya mendeteksi fenomena link building yang tidak wajar, anda harus memulainya lagi bukan hanya dari nol tapi dari minus.

Mempraktekan metode link building yang brutal dapat menghancurkan kerja keras yang telah dirintis berbulan-bulan. Jadi berhati-hatilah dalam melakukan kampanye link building. Berikut adalah kesalahan telak yang sering dilakukan orang. Bagaimanapun caranya, usahakan untuk menghindarinya.

1. Paket Link Masal

Banyak orang yang memanfaatkan kemalasan kita dengan menawarkan paket link yang menggiurkan. “Get thousands of inbound link instantly!” Mungkin anda pernah mendapatkan spam email dengan penawaran kira-kira semacam itu. Apa yang dia tawarkan sama dengan cara dia menawarkan, spam. Jika anda membenci spam, demikian juga search engine. Jangan pernah ikut-ikutan. Website anda malah mungkin akan di ban oleh search engine.

Anda perlu tahu bahwa search engine menghargai reputasi website. Meskipun website anda bisa keluar lagi dari status ban, reputasi yang buruk akan menyulitkan website yang pernah di ban untuk mendapatkan ranking yang bagus.

2. Link Exchange

Pada masanya, link exchange pernah manjadi metode utama strategi link building. Anda menempatkan link ke website orang lain, dia memasang link di websitenya ke website anda. Sama-sama untung, sama-sama mendapatkan manfaat, benar? Salah besar! Google dan mesin pencari lainnya memberikan nilai negatif terhadap mekanisme ini ketika mereka menyadari keberadaan ratusan link-farm, fasilitas otomastis yang dipasang di website dan secara instan membangun ribuan link exchange ke website-website lain yang menjadi pesertanya.

Sistem search engine sekarang mampu mendeteksi link exchange, dan akibat praktek negatif link-farm, link exchange kena getahnya. Manfaat link exchange boleh dikatahan sudah tidak ada lagi, dan jika website anda mendapatkan link exchange melalui jaringan besar yang memfasilitasinya, kasilnya justru akan negatif.

3. Link dari Page yang Tidak Ter-Index

Sering kali orang menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan back link dari halaman web yang tidak terindex. Link dari halaman yang tidak terindex tidak ada artinya, hanya buang-buang waktu saya. Tidak terindex ada dua kemungkinan, page tersebut masih baru, atau search engine sudah mengunjunginya tapi menganggapnya tidak penting untuk diindex. Jika kemungkinan pertama yang terjadi, anda masih bisa berharap manfaat karena mungkin nanti akan terindex, tapi jika yang kedua yang terjadi, anda membuang waktu sia-sia.

Jadi kalaupun anda tidak cukup beruntung sehingga hanya mendapat link dari halaman yang tidak terindex, pastikan halaman tersebut potensial terindex. Saat ini halaman dengan puluhan link di dalamnya seperti banyak halaman link exchange jaman dulu, sudah tidak diindeks lagi.

4. Tidak Memakai Anchor Text

Selintas ini mungkin tidak tampak seperti masalah. Tapi bayangkan jika anda sudah berhasil mendapatkan 2,000 back link tanpa anchor text, website anda dengan mudah dapat dikategorikan spammer. Anchor text merupakan salah satu faktor yang dipakai untuk menilai relevansi dari link antara dua website. Selain dapat dikategorikan spam, relevansi yang tidak terdeteksi akibat tidak adanya anchor text juga menyebabkan nilai back link tersebut menjadi sangat rendah.

5. Tidak Relevan

Search engine, terutama Google, semakin hari semakin pintar. Logika pencarian mereka terus berkembang untuk semakin menyempurnakan fungsi mereka, memberikan informasi yang relevan dengan yang dicari orang. Relevansi ini merupakan kunci bisnis search engine. Jika search engine gagal memberikan hasil pencarian yang relevan, orang nggak pake lagi, dan mereka gulung tikar. Karena itu search engine sangat memperhatikan relevansi. Jika website anda mendapatkan link yang natural dari website dengan konten yang relevan, nilai link itu akan sangat baik bagi website anda. Sebaliknya, link back dari website yang tidak relevan tidak membuat search engine menganggap website anda penting.

6. Link Anorganik

Google merancang sistem page rank mereka untuk bekerja secara organik. Link back yang dicari adalah yang terjadi secara wajar, natural. Secara kasar natural dapat diartikan sebagai pelan tapi konsisten, dari berbagai jenis website yang relevan. Jika anda mendapatkan 1000 link baru dalam sehari, alarm Google sudah akan langsung berbunyi, dan kecuali anda bisa terus-menerus mendapat 1000 link baru dalam sehari, website anda akan ditendang keluar dari index.

7. Membeli Link

Back link dari website yang memiliki page rank tinggi sangat berharga jika kita mengejar ranking di Google. Anda bisa membeli link dari website dengan page rank tinggi, dan harganya bukan main. Di sebuah website ditawarkan link dari website dengan page rank 7 seharga $250 per bulan. Kalau anda search di search engine anda akan menemukan banyak orang jang menjadikan penjualan link dari website ber-page-rank tinggi ini sebagai bisnis yang menguntungkan.

Tapi sekarang tenaga instan dari link seperti itu sudah tidak relevan lagi. Google sudah sangat waspada. Sudah banyak laporan Google men-discount page rank website yang ketahuan menjual link. Bukan tidak mungkin Google akan mengembangkan mekanisme pengawasannya sehingga mencakup pembeli juga.

Link building yang baik dan benar, memberikan manfaat jangka panjang, adalah yang natural dan organik. Carilah back link yang hanya satu arah, relevan, dan dari website yang memiliki page rank bagus. Kalau mungkin dari halaman web yang memiliki page rank bagus. Jangan terjebak dengan hal-hal yang instan. Dalam jangka panjang, link building yang perlahan tapi terus menerus sehingga nampak natural akan membawa aliran traffic yang terus menerus juga.

Sumber: www.seobali.com
Ps: artikel diatas sengaja saya kutip dari www.seobali.com karena saya anggap sangat bermanfaat sekali buat saya, dan semoga bermanfaat juga buat teman-teman semuanya.

Salam Sukses Selalu,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 54 comments… add one }
  • Megan Fox 22 October 2009, 17:17

    Jangan-2 komen ku ini di anggap spam lagi yah

  • Alfred Sejuta Cinta 22 October 2009, 20:57

    wax.mas tri info yang mantabsss:sip::sip:

    • T. Wahyudi 22 October 2009, 21:26

      @Alfred Sejuta Cinta, seep!! :sip: soalnya kayaknya banyak teman-teman yang belum tau juga….. :hihi::hihi:

  • iskandaria 22 October 2009, 22:20

    Wah, makin bertambah nih wawasan saya soal backlink dan SEO. Dari ulasan di atas, sepertinya blog do follow berpotensi untuk tidak disukai search engine ya mas? Tapi saya sangat setuju dengan naturalisasi dalam backlink. Itulah kenapa saya tidak pernah merengek/mengemis tukeran link :sip:

  • joko santoso 23 October 2009, 08:41

    Rumit juga ya…, tapi boleh juga, ada pengalaman baru di sini

  • negeri hijau 23 October 2009, 09:30

    Pada masanya, link exchange pernah manjadi metode utama strategi link building. Anda menempatkan link ke website orang lain, dia memasang link di websitenya ke website anda. Sama-sama untung, sama-sama mendapatkan manfaat, benar? Salah besar! Google dan mesin pencari lainnya memberikan nilai negatif terhadap mekanisme ini ketika mereka menyadari keberadaan ratusan link-farm, fasilitas otomastis yang dipasang di website dan secara instan membangun ribuan link exchange ke website-website lain yang menjadi pesertanya.

    Sistem search engine sekarang mampu mendeteksi link exchange, dan akibat praktek negatif link-farm, link exchange kena getahnya. Manfaat link exchange boleh dikatahan sudah tidak ada lagi, dan jika website anda mendapatkan link exchange melalui jaringan besar yang memfasilitasinya, kasilnya justru akan negatif.

    Pertanyaan saya mas, bagaimana dengan direktory link dan sejenisnya yang meminta resiprocal link. Adakah kegunaan hal itu?

    • T. Wahyudi 23 October 2009, 10:15

      @negeri hijau, kalau menurut saya pribadi mas… MASIH… :hihi:

  • mashengky.com 23 October 2009, 09:48

    serem nih.. artikelnya berat banget… apakah tukeran link masih perlu?

    • T. Wahyudi 23 October 2009, 10:10

      @mashengky.com, kalau saya baca artikel di atas… kayaknya tidak deh mas…. :hiks:

  • online-business-story.com 23 October 2009, 10:37

    menurut saya tukeran link masih perlu. Tujuannya adalah bukan sekedar SEO, tapi membangun sebuah komunitas yang saling mendukung.

    Tukeran link tidak bisa terhindarkan. Dengan saling memberi komentar di masing2 blog, itu sudah merupakan “tukeran link”.

    Bagaimana menurut mas tri dan yang lain ?

    • T. Wahyudi 23 October 2009, 12:54

      @online-business-story.com, kalau menurut pribadi saya itu perlu mas…. karena biasanya dengan tukaran link… alamat web atau blog kita berkesempatan di KLIK oleh orang lain…. dan intu berarti meningkatkan traffik…. betul gak mas…. :hihi:

    • ibgtajph 19 July 2010, 12:45

      z60Uui kkqztgttauss, [url=http://jqmywmmfoole.com/]jqmywmmfoole[/url], [link=http://ciatmghiiqed.com/]ciatmghiiqed[/link], http://emzefuywyuxm.com/

  • panduan-sukses 23 October 2009, 18:50

    tipsnya bagus mas..tapi kalo ga ada tukeran link gmana solusinya mas?
    mohon bantuannya maklum saya masih pemula.
    terimakasih..

    • T. Wahyudi 24 October 2009, 12:39

      @panduan-sukses, sebetulnya kalau tukeran link gak masalah kok mas… hanya saja, kalau saya kaji dari artikel di atas, hasilnya kurang bagus buat link building… yang bagus, adalah link natural… contohnya anda, tanpa saya minta memasukkan link di blog mas…. :hihi: itu yang saya tangkap dari artikel di atas mas…. :sip:

  • rudy azhar 23 October 2009, 20:24

    maksud dari natural link itu apa ya Mas? masih kagak ngerti….
    bisa dijelaskan dengan bahasa yang sederhana….

    :mikir::mikir:

    • T. Wahyudi 24 October 2009, 12:49

      @rudy azhar, natural link itu, link yang diberikan secara cuma-cuma oleh pemilik situs mas… contohnya, mas rudy, nulis artikel dan di dalam artikel tersebut menautkan alamat blog saya… nah… itulah link natural mas… (itu yang saya tangkap dari artikel di atas :hihi: )

  • heru 24 October 2009, 00:36

    kalau tukar link sama saya mau ngak mas karna blog ku masih pagerank nol:hiks:, link mas tri udah lama saya saya pasang. gimana menurut mas tri, :hihi:maklum mas masih newbie, jadi setelah baca2 wah:sip:sangat bermanfaat sekali buat pemula seoerti saya mas,:sip:thanks mas mau berbagi :sip::sip:
    salam sukses selalu

    • T. Wahyudi 24 October 2009, 12:51

      @heru, gak masalah mas… wah… kenapa mas heru baru bilang sekarang…. kalau tau dari kemarin, udah saya pasang dari kemarin mas…. :no:

      • heru 25 October 2009, 11:46

        @T. Wahyudi, :plis:terima kasih mas tri:nyembah::nyembah::sip:

  • mashengky.com 24 October 2009, 07:52

    maksudnya.. wordpress tukeran link sm wordpress aja.. jgn sm blogspot hahahah :melet:

    • T. Wahyudi 24 October 2009, 13:19

      @mashengky.com, bukan mas…. maksud artikel di atas… kalau kita tukaran link… katanya kurang baik buat membangun link building… :kembik2:

    • irmufm 19 July 2010, 11:46

      rxiUTF xeiuxnptwnqw, [url=http://fvgmvogbekcc.com/]fvgmvogbekcc[/url], [link=http://etaqatlrycka.com/]etaqatlrycka[/link], http://seudagczuuju.com/

  • T. Wahyudi 24 October 2009, 13:14

    @mbah gendeng, terimakasih mas… :nyembah:

  • T. Wahyudi 25 October 2009, 07:29

    @farhan, natural link mas…. :hihi:

  • Wawan Purnama 25 October 2009, 09:22

    Awal ngeblog. Seneng banget tukeran link.

    kalau mau sabar, bangun backlink paling 6 bulan dah ada hasil..
    Apalagi pakai theme thesis:sip:

    • T. Wahyudi 25 October 2009, 12:58

      @Wawan Purnama, thesis dengan banck link… ada hubungannya toh mas… wah… baru tahu saya…. :ngikik:

      • Wawan Purnama 26 October 2009, 11:33

        @T. Wahyudi, Ada-lah. Tapi kayaknya strategi thesis..tapi saya ga berhak menceritakan rahasia perusahaan orang..:hihi:

  • Wawan Purnama 25 October 2009, 09:24

    aneh nih komennya, sebelumnya saya tulis apa…. kok keluarnya lain..:nangis:

    • T. Wahyudi 25 October 2009, 13:00

      @Wawan Purnama, sambil tidur paling mas… jadinya komentarnya sambil mimpi…. :ngakak:

  • candradot.com 25 October 2009, 12:38

    beli link sebulan $250 ?
    hiiiii seyeeeem….

  • T. Wahyudi 25 October 2009, 12:57

    @farhan, :sip:

  • hpnugroho 26 October 2009, 22:02

    waw… ternyata banyak juga permasalahan dengan si linklink ini ya …
    kirain mbah google cuma gak seneng scenario farm link aja, ternyata masih banyak yg lainnya ….
    get natural … itu yg rada susah . :puyeng:

    • T. Wahyudi 27 October 2009, 09:58

      @hpnugroho, :hihi: kalau dicoba.. gak ada kata susah mas…. :sip:

  • afdil 29 October 2009, 21:03

    untuk poin yang kedua, saya sepertinya setuju. Karena pas saya chek ternyata tidak ada link building yang terbangun dengan link blog saya. Walaupun sudah tukaran link:hiks:

  • pangki 7 November 2009, 03:41

    Meskipun copas,:plis: tapi tetep bermanfaat kok, terkhusus saya sendiri:matabelo:

  • Sidik 11 January 2010, 23:32

    http://absensisidikjari.com/

    waduh… ini 🙁 bikin bingung…

  • MasEDI Belajar Ngeblog 17 February 2010, 00:40

    Mangstab nih, makasih buat pencerahannya….

  • win 9 April 2010, 17:10

    wah nambahin backlink teryata ga gampang yah

  • Seminyak villa 4 May 2010, 14:16

    makasih mas, artikel nya snagat membantu untuk link building website kami

  • baca manga 8 June 2010, 20:08

    terima kasih informasinya mas…

    http://mangacan.blogspot.com/

    ini punya ane…di check yah 😀

  • Ardianz 24 August 2010, 15:12

    hmm., gitu ya., tadinya saya malah mau pake yang jasa linkbuilding bayar itu., karena memang agak malas., hehe., tapi setlah baca ini., hmm kyk nya harus pikir ulang, saya. thx infonya., sangat menarik.,

    btw, blog saya ada info baru ttg manfaat air kelapa,. silahkan berkunjung
    Coconut water to prevent dehydration

  • ogameslucky 27 September 2010, 04:27

    Sip gan infonya sangat masuk akal, sekalian meluncur ke sumbernya ah pengen bca2 lagi

  • yoyon 27 October 2010, 15:52

    salam kenal,,,numpang iklan disini ya,, & boleh nggak tukeran link..

  • Zona Indonesia 22 January 2011, 00:14

    Ya saya juga mendengar khabar bahwa ada perubahan tentang SEO dari Link Exchange.. dan sesuai banget dengan apa yang tertulis dalam artikel ini … Trims infonya… 🙂 Peace

  • blog sederhana 26 February 2011, 21:12

    Kok nggak memberikan solusi OM, malah menakuti :bingung:
    Secara pasti tidak ada yang tau pasti algoritma google dalam menentukan rank, semua pakar SEO itu juga masih menduga dan belom ada ilmu pastinya. Kalau rahasianya diungkap bisa tiap hari google merubah algoritma untuk sekedar pemeringkatan web :D.
    Jadi nggak ada salahnya mencoba kawan 😀

  • Zam 5 September 2011, 21:05

    mantap, info yang sangat bermanfaat… !

  • Popular Science 25 September 2011, 23:29

    Benar. Hati-hati dengan mesin membangun backlink massal. Selain hasilnya tak ada, Google kabarnya juga tidak senang dengan alat semacam itu. Thnx infonya.

  • edoras 5 September 2014, 02:30

    siiiiiiiiiiiiiip mastah…makasih atas ilmunye,monggo mampir-mhn koreksi

  • agenvimaxmedan 1 April 2016, 12:31

Leave a Comment