โ‰ก Menu

Bikin Blog, Pilih Pakai WordPress atau Pakai Blogger ya?

wordpress-vs-bloggerBingung rasanya kalau disuruh memilih salah satu diantara keduanya.. atara wordpress dan blogger.. karena keduanya memang dibuat khusus untuk blogging.. sehingga keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.. selama ini saya juga memakai keduanya… ๐Ÿ˜€ dan selama memakainya, saya dapat menarik sebuah kesimpulan yang mungkin dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk anda. Apakah memilih wordpress atau blogger?

1. Sama-sama serchegine friendly. Antara wordpress dan blogger sama-sama ramah dengan mesin pencari sehingga situs anda akan mudah terindex oleh mesinpencari seperti google, yahoo, msn ataupun mesin pencari lainnya.

2. Sama-sama gratis untuk membuatnya. Kalau anda memakai wordpress anda akan mempunyai alamat blog www.namabloganda.wordpress.com sedangkan kalau anda memakai blogger anda akan mempunyai alamat blog www.namabloganda.blogspot.com

3. Pada wordpress anda cuma dapat menggati tema sesuai pada pilihan yang di sediakan, jika ingin bisa mengganti tema sesuai dengan yang kita inginkan anda harus mempunyai hosting dan domain sendiri. sedangkan pada blogspot anda dapat mengganti dan memodifikasi tema sesuai dengan yang anda inginkan.

4. WordPress scriptnya dapat di download sendiri di http://wordpress.org dan dapat di pasang pada hosting sendiri, sedangkan blogger tidak bisa sama sekali (hosting harus ikut blogger.com)

5. Blogger dan wordpress sama-sama bisa memakai nama domain sendiri contohnya www.namadomainanda.com

6. WordPress bisa ditambah dengan fasilitas plugin, sedangkan pada blogger tidak bisa sama sekali (tidak ada plugin)

7. antara wordpress dan blogger sama-sama mudah dalam penggunaannya sehingga kita tidak kesulitan dalam pengoperasiannya…

Mungkin untuk sementara baru 7 hal tersebut yang bisa saya sampaikan, bagi teman-teman yang lain mungkin ada yang mau menambahkannya lagi? Oh ya.. menurut anda, pilih mana antara blogger atau wordpress?

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 33 comments… add one }
  • artikel kesehatan 1 May 2009, 16:41

    Yah, itu mungkin tergantung selera juga mas. Seperti saya, saya ingin mempunyai blog di wordpress, tapi saya belum terlalu bisa, jadi saya piih blogger dulu. Punya 1 sih, tapi nggak keurus. Kalo blog punya 8, itupun keseringannya hanya 3 yg keurus ๐Ÿ™‚ Salam kenal kembali ๐Ÿ™‚

    • T. Wahyudi 2 May 2009, 07:17

      @artikel kesehatan, semua itu memang tergantung selera mas.. terus terang saya juga baru pakai wordpress mas.. ๐Ÿ˜€ yang penting kalau semuanya di pelajari gak ada yang gak bisa… ๐Ÿ™‚

  • Ricky 1 May 2009, 21:11

    membandingkan wordpress dan blogger, info yang menarik mas terimakasih. Kalo saya pribadi sih baru bisa menikmati fasilitas blogger, karena kebetulan untuk saat ini blog yang wordpress belum sempet keurus ๐Ÿ™‚

    salam kenal mas triwahyudi

  • keberuntungan 1 May 2009, 22:04

    ada saran buat blog pemula mas salam fantastic

    • T. Wahyudi 2 May 2009, 07:27

      @keberuntungan, yang penting terus berkarya mas… jalankan apa yang anda yakini saja secara konsisten… saya yakin anda pasti beruntung seperti nama web anda.. ๐Ÿ™‚

  • dwi kurniawan 1 May 2009, 23:00

    ma kasih atas infonya
    semoga bermanfaat bagi pemula
    kayak aku

    salam kenal

    • T. Wahyudi 2 May 2009, 07:28

      @dwi kurniawan, salam kenal kembali mas…

  • Ricky 2 May 2009, 10:03

    link blog ini sudah saya pasang pada blog businessman, silahkan dilihat pada kolom sahabat blogging.

    -salam sukses-

    • T. Wahyudi 2 May 2009, 12:31

      @Ricky, udah aku pasang juga disini mas… silahkan di cek…

  • yusa 3 May 2009, 10:08

    memang pilihan yang berat kl hrs milih..tergantung selera jg mas..kynya perlu dua2 nih..hehe..:)

    • T. Wahyudi 3 May 2009, 12:43

      @yusa, ternyata sama ya mas… sama-sama bengung… he…

    • habibie reza 3 May 2009, 14:12

      wordpress yang berbayar, pasti lebih oke hehe.. ๐Ÿ˜€

      • Pasang Iklan Gratis 18 May 2009, 12:23

        @T. Wahyudi,

        Setuju mas…
        Banyak dari para internet marketer yang membuat blog dr wordpress…

  • Ecko 3 May 2009, 22:41

    7. antara wordpress dan blogger sama-sama mudah dalam penggunaannya sehingga kita tidak kesulitan dalam pengoperasiannyaโ€ฆ

    Ini masih debatable, Bro. Ada orang yg merasa lebih mudah make Blogger, dan sebaliknya merasa lebih mudah pake WP. Kalopun dia bisa dua-duanya, pasti hanya salah satu saja yang lebih sering dia pake karena satu dan lain hal. ๐Ÿ™‚

    • T. Wahyudi 4 May 2009, 07:22

      @Ecko, wah.. saya kira pihak blogger dan wordpress sudah membuat semudah dan sepraktis mungkin dalam penggunaannya mas… kalaupun ada yang tidak bisa.. mungkin baru pertama kali atau baru saja mengguankannya.. jadinya msih bingung… kayak kita memakai mobil contohnya… orang yang sudah bisa pasti bilang.. “Pakai mobil itu mudah” sedangkan orang yang baru belajar pasti bilang “pakai mobil itu susah, harus main kopling pegang rem, dan ribet”… terimakasih mas atas kunjungannya… salam kenal mas…

  • iskandaria 8 May 2009, 13:20

    Blogger sangat cocok buat yang mau belajar html, karena kita bisa ngutak-atik kode templatenya sesuka hati. Kalo WP lebih unggul dalam hal kepraktisan pada pengaturan menu postingannya. Misalnya dalam menyisipkan link, memberi nama link, dan membuat link terbuka pada tab baru. Pada blogger, itu mesti dilakukan secara manual dengan menambahkan kode tertentu.

  • roy 8 May 2009, 20:16

    kalau buat publisher dan cari yang gratis pakai blogger aja.. simple..

  • dimaz 14 May 2009, 08:01

    salam kenal mas tri.
    saya baru di dunia blog. numpang urun pendapat.

    kalau menurut saya sih, semua tergantung pada kebiasaan. “alah bisa karena biasa”
    sama juga antara Linux atau Windows (perbandingan yang agak maksa sih).
    Tapi memang paling sip, pendapatnya pak Habibie Reza. yang berbayar pasti lebih mak nyoss.

    oya, saya link ke blog saya ya Pak.
    Mohon bimbingannya juga.

  • aribowo 20 May 2009, 19:44

    salam kenal mas tri
    maaf, saya baru pemula nich……makasih atas info2 nya
    saya link di blog saya ya mas……dan mohon kasih saran-sarannya, tmksh

  • mashengky.com 2 August 2009, 10:01

    berawal dari blogger, saya pindah ke wordpress.org dan baru ke wordpress.com

    sekarang, wp.com tinggal kenangan..

  • Ono Karsono 1 September 2009, 08:56

    Pake saja dua2 nya, biar saling melengkapi ๐Ÿ˜€ . Kalau mau prof sepertinya pake WP yg hosting ya. Kalau untuk enjoy aja, lebih enak pake blogger, blogger lebih multimedia rasanya.

  • Ramadhan 28 December 2010, 23:03

    Terimaksih mas atas infonya. Salam kenal ……

  • Jefry 22 December 2012, 16:06

    rasanya saya lebih suka memakai blog berplatform wordpress bil dibandingkan dengan blogspot sebab mudah sekali dan disediakan banyak macam plugin didalamnya

  • baju batik 27 July 2013, 14:15

    Hurrah! Finally I got a website from where I can in fact
    obtain helpful facts regarding my study and knowledge.

  • When I originally left a comment I seem to have clicked the -Notify me when
    new comments are added- checkbox and now every time a comment
    is added I recieve four emails with the exact same comment.
    Perhaps there is a way you can remove me from that service?

    Kudos!

  • home care 27 July 2013, 21:21

    Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Extremely helpful info particularly the final section ๐Ÿ™‚ I maintain such information much.
    I used to be looking for this certain info for a long time.
    Thank you and good luck.

  • cara cepat hamil 20 September 2013, 05:10

    I’m curious to find out what blog system you’re using?
    I’m having some minor security issues with my latest website
    and I’d like to find something more risk-free.
    Do you have any suggestions?

  • Madina Al Quran 5 October 2013, 19:04

    Kalau saya lebih prepare ke WP kang, bisa custome banyak hal, o ya, komentar kenapa tidak di moderasi kang? banyak spam tuh

  • berita indonesia 31 October 2013, 12:27

    My brother suggested I might like this blog.
    He was entirely right. This post actually made my day.
    You can not imagine simply how much time I had spent for this info!
    Thanks!

  • gaun pesta muslim 1 November 2013, 05:16

    Woah! I’m really loving the template/theme of this blog.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get
    that “perfect balance” between usability and visual appearance.
    I must say that you’ve done a fantastic job with this.

    In addition, the blog loads extremely fast for me on Opera.
    Exceptional Blog!

  • online streaming 16 January 2015, 16:17

    Magnificent beat ! I would like to apprentice while you
    amend your site, how can i subscribe for a weblog site?
    The account helped me a acceptable deal. I were tiny bit familiar of this your broadcast offered bright clear concept

Leave a Comment