≡ Menu

Anda Pilih Harga atau Kwalitas?

Selamat pagi tekan netter? Pagi ini saya masih menikmati liburan akhir tahun dengan menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan. 😀 Walaupun tidak di luar kota, tapi saat ini saya sangat menikmatinya… entah memperdalam ilmu beternak kelinci dengan mengunjungi peternak-peternak kelinci di dalam kota, ataupun sekedar mengistrahatkan otak dan pikiran setelah satu tahun kemarin sibuk bekerja dan kuliah… 🙂

Hari ini saya teringat dengan pengalaman pribadi ataupun teman-teman saat membeli. Entah membeli produk secara offline ataupun online. Pasti saat anda membeli sebuah barang/ produk, pasti yang ada di pikiran anda “BAGUS & MURAH” Betul gak? 😀

Contohnya seperti yang popular saat ini yaitu BlackBerry. Orang akan membeli HP yang harga minimal 3 jtaan cenderung sangat mahal bagi sebagian orang…. Jadi, solusi lain… mereka mebeli yang lebih murah, sekitar 1 jtan sudah dapat yang sama dengan BlackBerry… Bahkan tampilannya lebih bagus dan fiturnya ada yang lebih bagus dari BlackBerry pula… (biasanya ada TV nya 😀 ) Tapi, dibalik semua itu, apakah kita telah memikirkan dari segi kwalitas produk?? Yang benar-benar terjamin kwalitasnya dan garansinya? Karena kadang ada yang baru beli, langsung rusak… dan kita tidak tahu harus lari kemana untuk komplain garansinya…

Begitu pula dengan bisnis internet kawan, banyak penjual ebook ataupun script bisnis yang menawarkan dengan harga sangat murah… bahkan saking murahnya, uang 50 rb bisa dapat ratusan ebook dan ratusan script dalam satu paket… tapi apakah kita pernah memikirkan dari segi kwalitasnya?? Seandainya scriptnya bermasalah, apakah sang penjualnya mau membantu mengatasinya? Lalu, ebooknya apakah selalu di update dan mengikitu perkembangan terkini?

Hal ini yang sering saya temui dan pernah saya alami saat masa newbie pebisnis internet. 😀 Pingin yang murah bahkan gratis, untuk mendapatkan uang melimpah dari internet. Mulai sekarang, jika anda masih mempunyai pemikiran seperti itu, buang-jauh-jauh pekiran itu… ingat kawan, bisnis internet juga butuh modal…. Dan modal tersebut tidalkah kecil… (uang dan tenaga tentunya) yang penting, anda punya niat atau tidak untuk menekuninya… tapi ingat… kwalitas produk yang ingin anda beli… juga harus perhatikan agar anda tidak menyesal belakangan…

Kalau menurut anda pribadi, Anda pilih harga atau kwalitas?

Salam Sukses Selalu,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 50 comments… add one }
  • mashengky.com 30 December 2009, 09:42

    • mashengky.com 30 December 2009, 09:44

      pertamax nya gak muncul nih.. hiks…

      • mashengky.com 30 December 2009, 09:45

        kualitas dulu dong.. masalah harga, pasti mengikuti…

        • T. Wahyudi 30 December 2009, 09:49

          @mashengky.com, :sip::sip::sip: sesuai dengan pemikiran saya mas… :sip::sip::sip:

      • T. Wahyudi 30 December 2009, 09:49

        @mashengky.com, :ngakak::ngakak::ngakak:

      • Be 30 December 2009, 19:58

        @mashengky.com, hahahhaa.. di blog saya ga bisa di blog mas wahyu juga ga bisa… :ngakak::licik:

    • T. Wahyudi 30 December 2009, 09:48

      @mashengky.com, pertamaxnya habis ya mas…. kosong tuh…. :hihi::hihi::hihi:

  • rudy azhar 30 December 2009, 10:14

    Pilih harga atau kwalitas saya berani bertaruh kalau kebanyakan masyarakat kita lebih memilih harga terlebih dahulu baru melihat kwalitasnya, kenapa???
    Karena faktor sosial ekonomi masyarakat Indonesia masih menengah kebawah, jadi faktor harga bisa sangat menentukan untuk itu…
    Kenapa kita-kita tidak membuat solusi dengan harga yang terjangkau tapi bisa mendapatkan kwalitas produk yang tidak kalah dengan produk premium.
    Mas bisa lihat negara Taiwan, yang produknya tidak kalah dengan buatan Eropa/Jepang tapi mereka bisa menjual dengan harga yang lebih rendah. (Taiwan adalah salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya paling cepat berkembang di seluruh dunia).

    Contoh tentang blackberry diataspun sebenarnya bagaimana negara-negara lain berinovasi menciptakan HP sejenis dengan harga yang jauh lebih murah supaya bisa dinikmati banyak kalangan, kan nggak semua hp murah tersebut tidak mempunyai layanan purna jual yang bagus kan?
    “So don’t judge the book by the cover”

    • firman 30 December 2009, 15:45

      @rudy azhar, setuju mas. makanya produk cina mudah sekali produknya dijual di indonesia lantaran mereka sudah faham betul tipikal orang indonesia yang lebih mendahulukan harga miring tapi bisa ditenteng sederajat dengan bawa barang aslinya.

      • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:03

        @firman, anda termasuk juga gak mas…. :hihi::hihi::hihi:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 10:59

      @rudy azhar, tapi di sisi lain kita juga harus mulai berfikir mas… dengan harga murah tersebut… apakah kwalitasnya ikut murah apa tidak…. betul gak mas…. :sip:

      terimakasih mas rudy atas masukannya…. :sip::sip::sip:

  • Dwi Kurniawan 30 December 2009, 11:41

    Kalau Harga Terjangkau, dan Kwalitas bagus, tentu ini yang akan saya pilih mas :ngelamun:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:06

      @Dwi Kurniawan, banyak yang ingin seperti itu mas…. tapi jarang di temuai yang demikian… kecuali penjualnya ayah sendiri…. he….

  • Joko Susilo 30 December 2009, 11:42

    Kualitas tentu tidak tergantikan. Buat apa beli murah tapi dengan kualitas pas-pasan karena toh ujung-ujungnya kita sendiri yang dirugikan. :sip:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:10

      @Joko Susilo, Tepat sekali pak joko… tap kadang kita tidak pernah terfikir sejauh itu sebelum membeli…. :hihi::hihi::hihi:

  • komputertips.com 30 December 2009, 12:08

    Kalau Saya pilih yang berkualitas trus dilihat juga harganya…kalau cucok dan bermanfaat ya dibeli

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:12

      @komputertips.com, :hihi::hihi::hihi::sip:

  • Turisuna 30 December 2009, 12:28

    Saya pilih kualitas karena biasanya barang lebih tahan lama, jadi ujung-ujungnya lebih irit gak sering gonta-ganti barang. Tapi kalo belanja di pasar tradisional biasanya untung-untungan, Contohnya klo ke pasar Klewer, klo mau cari barang lebih teliti, banyak juga baju yang awet dengan harga miring, ya dibetah-betahin aja bersumuk-sumuk ria dipasar :kringetan: yang penting bisa dapet barang bagus tur murah :hihi:

    • @Turisuna, sesuai pengalaman saya beli mainan yang murah n yang mahal… terus saya mainin terus 2-2nya n yang rusak duluan itu yang murah… :tendang:

      • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:17

        @Belajar Bisnis Online dan SEO | Arief Rizky Ramadhan, :hihi::hihi::hihi:

      • turisuna 31 December 2009, 13:34

        @Belajar Bisnis Online dan SEO | Arief Rizky Ramadhan, Wah aturan jangan di buang mas, kasihin saya aja :plis: Dari dulu saya gak pernah beli mainan, klo bikin mobil-mobilan cuma pake pelepah pisang ato kulit jeruk bali, itu juga klo ketawan yang punya pohon pake dimarahin duluan :hehe:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:13

      @Turisuna, hobby muter-muter pasar ya mas…. :hihi::hihi:

      • turisuna 31 December 2009, 13:31

        @T. Wahyudi, Iya mas sekalian olahraga, biar gak tambah ndut :hihi:

  • online-business-story.com 30 December 2009, 18:55

    tidak dipungkiri pertama yang saya lihat adalah harganya. Kalo harganya sudah cocok, baru saya eksplor lebih jauh tentang produknya.

    Tapi kadang kalo produknya sepertinya sangat bagus dan harganya mahal, saya usahakan untuk dapat membelinya, tentunya dengan pertimbagan dengan ilmu yang nantinya saya dapat dapat meningkatkan pengetahuan saya secara signifikan.

    kalo harga sangat-sangat terjangkau, kadang tanpa pikir panjang saya langsung membelinya tanpa melihat kualitasnya…. :hehe:

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    NB : Ikuti Kontes Akhir Tahun Cafe Bisnis

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:19

      @online-business-story.com, intinya…. sesuai kebutuhan ya mas… dan bajet tentunya…. :hihi::hihi::hihi:

  • aduuh abis chating tadi pagi minta tolong buat mas triwahyudi nulis post baru (biar saya dapat pertamaxxx) n nongkrong (refresh halaman 3 menit sekali) ehh… malah mas hengky yang dapat pertamaxxx :wooo::wooo:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:20

      @Belajar Bisnis Online dan SEO | Arief Rizky Ramadhan, :ngakak::ngakak::ngakak:

  • Ricky 30 December 2009, 20:42

    Bagi saya pribadi banyak faktor yang menentukan pilihan harga dan kualitas dalam membeli sebuah produk mas.Diantaranya jenis produk, kebutuhan, faktor psikologis saat membeli, dsb. Untuk zaman sekarang saya setuju dengan pendapat mas rudy bahwa kebanyakan orang yang ingin membeli barang pasti lihat harganya dulu mas.
    Nice artikel mas tri,

    sukses selalu ya..

    • fadly muin 31 December 2009, 09:39

      @Ricky, ini memang pandangan yang ideal mas Ricky..

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:23

      @Ricky, mungkin karena faktor ekonomi juga ya mas… 🙂

  • heru 30 December 2009, 22:40

    :ngakak:pantasan background dollar saya ada yang hilang ternyata dipajang disini:hihi:saya pasti pilih kwalitas mas seperti pake hp saya pilih nokia:hihi:ngak nyambung ya:ngakak::ngakak:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:37

      @heru, :ngakak::ngakak::ngakak: bisa aja mas….

      • heru 31 December 2009, 13:41

        @T. Wahyudi, ada info baru google update pagerank hari ini:sip::sip::sip:

        • T. Wahyudi 31 December 2009, 14:20

          @heru, blog mas heru naik gak neh? :hihi::hihi:

          • heru 31 December 2009, 17:36

            @T. Wahyudi, naik 2 peringkat mas:hihi::hihi:

  • pasutrisatu 31 December 2009, 07:00

    kalo bisa saya pilih yang murah tapi berkualitas..hehe..:sip:

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:40

      @pasutrisatu, :ngakak::ngakak::ngakak:

  • fadly muin 31 December 2009, 09:34

    Kualitas dong. kalau mau berkualitas harus siap bayar harganya.

    • Ricky 31 December 2009, 11:29

      @fadly muin, Ono rego ono rupo gitu ya mas..hehe..

      • fadly muin 31 December 2009, 17:21

        @Ricky, ya ngono kui mas…

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 11:43

      @fadly muin, :sip::sip: setuju mas… :sip::sip::sip:

  • paulus (pencinta_fulus) 31 December 2009, 11:49

    Tentu saja pilih yang berkualitas, Mas. Harga murah tapi nggak dapat apa-apa = buang-buang uang.

    • T. Wahyudi 31 December 2009, 14:14

      @paulus (pencinta_fulus), :ngakak::ngakak::ngakak::sip:

  • online-business-story.com 31 December 2009, 12:11

    numpang promosi mas tri…..
    Kontes Akhir tahun Cafe bisnis diperpanjang. Info selengkapnya disini.
    Kalau tidak berkenan dihapus aja mas…

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

  • Oprek Motor 2 January 2010, 09:40

    Kadang sangat susah mencari ebook yang benar2 berkualitas. Karena yang mahal sekalipun belum tentu berkualitas :kembik2:

  • IwanKus 2 January 2010, 12:46

    yang bagus tapi harganya murah ada gak ya mas…
    :hihi::hihi:

  • kiperfutsal 4 April 2011, 07:12

    kalo saya peribadi tergantung dari apa yang saya miliki, jika memang dana yang tersedia ada maka saya memilih kulatias namun jika budget tak memadai yah lebih memilih harga yang murah 🙂

    lagi pula masyarakat indonesia masih melihat hal-hal itu daris egi harga sih mas. masihs edikit yang sadar kualitas. nanti kalo udah rusak baru deh komplain 😀

Leave a Comment