≡ Menu

Inilah 4 Kriteria Mudah dalam Menentukan Mentor Bisnis Internet Anda

mentor bisnisMentor dalam menjalankan bisnis internet? Perlukah? Hal ini yang menjadi pertanyaan dalam otak saya? Kenapa? Karena akhir-akhir ini banyak teman-teman marketer yang membahas akan hal ini…. 😀 Menurut pandangan saya pribadi, mentor/ guru itu sangat di perlukan dalam segala bidang, tidak cuma di bisnis internet saja, jika anda ingin benar-benar terarah dan punya dasar ilmu yan kuat. Saya sendiri juga sebagai mentor (tapi bukan untuk bisnis online lho), sehingga saya tahu betul akan pentingnya sebuah mentor, apalagi dalam bisnis internet. Dan yang sering saya temui, banyak orang yang mengabaikan akan pentingnya seorang mentor sehingga mereka cenderung mengabaikan pelajaran dari sang mentor karena sudah MERASA BISA, sehingga hal kecil yang mereka belum tahu, tidak akan pernah tahu….

Akan tetapi, banyak juga teman-teman yang terjerumus, karena mereka salah memilih mentor? Lhoh… kok salah? ya…. Orang pandai, belum tentu bisa di jadikan mentor? Kenapa? Karena mungkin orang yang di pilih sebagai mentor tidak bisa dalam mensharing ilmu? Kadang kepandaiaanya orang cuma bisa di terapkan untuk pribadi… akan tetapi kalau di terapkan untuk orang lain… orang lain tidak bisa menerima ilmu dari sang mentor tersebut… hal inilah yang mungkin sering di temui teman-teman semuanya…  sehingga, kita harus benar-benar berhati hati dan jeli untuk memilih mentor? 😀

Berikut ini 4 Kriteria Mudah dalam Menentukan Mentor Bisnis Internet menurut pandangan saya pribadi yang mungkin dapat dijadikan sebagai pegangan teman-teman semuanya:

  1. Pilihlah mentor bisnis internet yang benar-benar terbukti pandai dan ahli di bidangnya.
  2. Pilihlah mentor bisnis internet yang dapat benar-benar bisa mengarahkan anda secara gamblang dan sabar kepada anda, sehingga anda dapat mudah menyerap ilmu yang di berikan dari sang mentor.
  3. Jangan pilih mentor yang terlalu mengatur anda, anda harus gini, harus gitu… harus ikut bisnis ini… harus ikut bisnis itu… dan sebagainya…. Karena, sekali lagi… mentor hanya sebagai guru penambah ilmu anda, bukan sebagai pengatur masadepan bisnis anda… karena kemajuan bisnis anda, yang menentukan anda sendiri, bukan orang lain!! (kalau mengatur tentang kedisiplinan anda dalam belajar gak masalah dan itu sangat saya sarankan)
  4. Pilihlah mentor bisnis internet yang benar-benar KLIK (cocok) dengan anda, kenapa? Ya… karena kalau anda sudah kliK atau cocok… anda akan merasa nyaman dalam belajar dan hasilnya pasti anda akan mudah menerima ilmu yang dikasih oleh sang mentor.

Mungkin masih banyak lagi kriterian memilih mentor bisnis internet yang baik, akan tetapi saya lebih menekankan ke poin yang ke 3 di atas… karena banyak sekali teman-teman yang terjerumus akan hal itu…. Sebagai pengingat saja, bisnis yang saat ini anda jalankan… belum tentu cocok di terapkan di orang lain… begitu pula sebaliknya…

Salam Sukses Paling Dahsyat Untuk Anda,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 21 comments… add one }
  • mashengky.com 29 September 2009, 10:33

    mas hengky kalo jadi mentor, dapat nilai berapa mas?

    • Alfred 29 September 2009, 14:45

      @mashengky.com, dapat 100 skala 0-100 hahaha
      salam mas 😀

      • T. Wahyudi 29 September 2009, 17:22

        @Alfred, kalau skalanya 0-1000 mas…. he…. 🙂

  • Belajar ilmu seo 29 September 2009, 14:04

    Benar sekali mas.. Memilih guru dalam dunia bisnis online harus tepat, terutama mereka yang paham dan mengerti benar bisnis itu sendiri.

    ..salam persahabatan..

  • Peluang Bisnis | Ricky 29 September 2009, 14:30

    Pemaparan yang lengkap mas, memang benar kalo mentor bisa berperan juga sebagai kawan, rasanya lebih enak menyerap ilmu yang diberikan.
    Thanks untuk sharingnya mas 🙂

    • Alfred 29 September 2009, 14:47

      @Peluang Bisnis | Ricky, stuju banget mas rick…. 😀

      • T. Wahyudi 29 September 2009, 17:22

        @Alfred, terimakasih mas alfred…. 🙂

    • T. Wahyudi 29 September 2009, 14:53

      @Peluang Bisnis | Ricky, berdasarkan pengalaman mas…. he…. 😀

      sama-sama mas ricky… 🙂

  • T. Wahyudi 29 September 2009, 17:23

    @sumartono, nah… inilah mas…. yang bikin kesulitan… soalnya da juga yang sudah jadi mentor… tapi belum tentu cocok dengan kita mas…. (kita susah menyerap ilmunya) 🙂

  • candradot.com 29 September 2009, 18:27

    cari mentor mirip cari pacar mas hehehe…

    • T. Wahyudi 30 September 2009, 03:04

      @candradot.com, susah-susah gampang y mas? 😀 Kalau bisa, mentornya cari yg cewk mas… jadi bisa d pacarin skalian… he… 😀

  • bisnis online 1 October 2009, 14:57

    guru yg baik adalah guru yg berpengalaman bukan asal ngomong iyakan sobat

  • hpnugroho.com 1 October 2009, 16:25

    mas, kalau ngikut kriteria no.2 bahaya dong … “Pilihlah mentor bisnis internet yang dapat benar-benar bisa mengarahkan anda secara gambling dan sabar kepada anda
    Kalau sabarnya sih oke , tapi kok gambling sih? hehehehe

  • Dollar dari PeopleString 2 October 2009, 21:53

    Setuju mas Tri. Untuk memulai hampir setiap hal, kita membutuhkan mentor yang bisa mempercepat proses pembelajaran. Dan mentor tdk harus satu saja bukan… Yang penting ilmunya ok dan bisa diserap.. Sukses..

    PS

    • T. Wahyudi 3 October 2009, 09:01

      @Dollar dari PeopleString, seep!! setuju mas… yang penting kita juga punya patokan ilmu yang di yakini… karena biasanya setiap mentor mempunyai pandangan dan keyakinan sendiri-sendiri…. 🙂

  • Khery Sudeska 3 October 2009, 01:40

    Halo, Mas Tri… 🙂 Apa kabar? Mohon maaf lahir dan batin ya…

    • T. Wahyudi 3 October 2009, 09:01

      @Khery Sudeska, apakabar juga mas…. sama-sama… sekarang 0-0 yah? mohon maaf lahir batin juga ya mas…. 🙂

  • oetji 30 May 2011, 10:22

    satu tambahan lagi, mentor yang mau melayani, banyak yang menawarkan di internet untuk menawarkan menjadi mentor, eh kalau udah gabung ternyata tidak klik, artinya dihubungi susah….

    • T. Wahyudi 30 October 2012, 09:29

      kalau itu bukan mentor… tapi cuma pembual yang ingin cepet kaya… ahhahhaa…

Leave a Comment