≡ Menu

Dalam Bisnis, Pelanggan Adalah yang Paling Utama

Dalam bisnis, pelanggan adalah yang paling utama. Hal ini sebuah kenyataan yang benar adanya, akan tetapi banyak juga orang yang masih selalu lupa ataupun kurang menyadarinya. Tidak Cuma di bisnis internet, tapi saya rasa di segala bidang bisnis pun akan sama saja. Pelanggan wajib di utamakan. Anda percaya tidak? Maju mundurnya bisnis anda karena sebuah layanan kepada pelanggan? Seperti apapun dan bagaimanapun keadaan pelanggan kita, mereka wajib kita hormati serta kita berikan pelayanan yang terbaik serta memuaskan untuk mereka.

Saya jadi ingat, saat kemarin mau mengirim barang ke daerah jauh dari kota. Saat itu saya menggunakan salah satu jasa layanan kurir yang terkenal di indonesia. Saat melakukan pengiriman, saya menggunakan paket yang cepat yang saya targetkan 1-2 hari akan sampai tujuan karena barang tersebut benar-benar sangat di butuhkan. Tapi betapa kagetnya saya, saat hari yang di targetkan tiba, barang tersebut tidak kunjung datang, bahkan sang agen mengirimnya dengan paket reguler yang barangnya baru sampai seminggu sesudahnya… HHHmmmm…. Saat itu sampai sekarang, saya benar-benar sangat kecewa akan hal itu… bahkan saya kedepan berniat tidak akan pernah memakai jasa tersebut karena kenakalan salah satu agennya. 🙂

Dari masalah tersebutlah, sekarang saya jadi sadar dan benar-benar sadar. Bahwa pelanggan adalah yang utama, seburuk apapun perlakuan pelanggan ke kita… semenyebalkan apapun pelanggan ke kita… Mereka wajib kita hormati. Karena merekalah, bisnis kita bisa maju, karena merekalah… kedepan bisnis kita akan berkembang. Karena saya yakin juga, jika mereka kita perlakukan buruk mereka pasti akan membawa kabar buruk juga tentang kita ke teman-temannya… begitu pula sebaliknya… yang akhirnya semua akan kembali ke kita.

Yang jadi pertanyaan saya sekarang, sudahkan anda memperlakukan pelanggan anda sebagaimana mestinya? Yang wajib benar-benar anda hormati serta di layani sebagaimana mestinya? Jika belum, jangan berharap kedepan bisnis anda akan berkembang dan maju….

Anda tidak percaya? Silahkan saja di coba… 😀

Salam Sukses Selalu,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 31 comments… add one }
  • Udin Hamd | Blogger 2 Inchi 29 July 2010, 17:13

    Pertamax plus plus

    • T. Wahyudi 30 July 2010, 08:16

      pertamax plus… plus… di tempat saya gak ada mas…. he…

      • Joko Susilo 3 August 2010, 12:20

        Tanpa pelanggan, bisnis bisa apa 🙂 so, servis optimal perlu diberikan agar pelanggan puas dengan produk/jasa kita.

  • Erdien 29 July 2010, 17:17

    Koq isinya diulang tiga kali nih? Apa mata aku yang error gitu?

    • Udin Hamd | Blogger 2 Inchi 29 July 2010, 17:25

      Iyah nih kang. Tak kirain hp saya yg error…he….
      Trnyata dari lapie juga gitu ya?

    • T. Wahyudi 30 July 2010, 08:17

      jadi 3 artikel yah mas…. HE….

  • Erdien 29 July 2010, 17:18

    Asyiiiik, saya jadi yang paling utama juga nih Mas 😀

  • mh 29 July 2010, 17:25

    pelanggan memang penting, tapi yang utama adalah sistem bisnis yang baik, supaya pelanggan bisa puas dengan hasil kerja kita.

    • T. Wahyudi 30 July 2010, 08:20

      itu fasilitas pendukung mas…. dan tujuan nya sebetulnya sama…. sama-sama untuk pelanggan….. he….

      • mh 30 July 2010, 08:24

        wah iya betul juga… menurut saya semua sama2 penting.. sistem gak jalan, pelanggan gak datang, tapi kalo sistem bagus, saya yakin pelanggan yg ngejar2 kita

  • onix 29 July 2010, 21:18

    setuju mas kita harus mementingkan pelanggan dan membangun kepercayaan kepada pelanggan bila kita dapat memuaskan pelanggan maka nilai positif akan mendekat jika sekai mengecewakan pelanggan maka pelanggan itu akan kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur seperti mas wahyudi hix..hix dan lebih parahnya lagi sambil triak2 ngasih pengumuman kepada temanya2 tentang kebobrokan kita.

  • pelanggan itu bukan hanya utama atau penting mas, tetapi pelanggan lah yang memberi kita kehidupan karena tanpa mereka bisnis kita tidak akan bisa eksis dan berjalan lancar. Karena itu kita harus selalu berupaya memberikan pelayanan yang memuaskan karena inti bisnis sebenarnya adalah “customer satisfaction”

  • masesubo 30 July 2010, 15:33

    Sebegitu pentingnya posisi pelanggan makanya ada customer service division ya mas?

    • T. Wahyudi 30 July 2010, 20:44

      kalau itu untuk perusahaan besar mas… tapi bagusnya memang harus ada tim khusus untuk pelanggan…. terutama yang raman… ramah…. 🙂

  • Abdul Hakim 30 July 2010, 16:44

    setuju banget mas, pembeli adalah raja.. pengalaman mas tri sama dengan yang saya alami sekarang.. aga sedikit mirip

  • agustantyono 30 July 2010, 18:24

    pelajaran berharga banget buat kita semua mas, dan itu berlaku untuk bisnis apapun itu.
    Salam Sukses dan salam kenal mas 🙂

  • hakkyrohman 30 July 2010, 19:21

    pencerahan nya TOP mas..
    costumer is king bukan begitu? 🙂

  • arief maulana 31 July 2010, 06:03

    saya sih profesional mas. biar bagaimanapun kita harus menegakkan semacam garis prinsip yang membuat pelanggan juga tidak bisa seenaknya.

    Dalam konsep new wave marketing dan di era connect, definisi pelanggan sudah berubah. Bukan Customer is King, melainkan Customer is Friend. Dengan demikian kepentingan 2 belah pihak bias tercapai tanpa ada satu pihak yg merasa rugi.

  • Reza Fauzi 31 July 2010, 06:59

    sayangnya belum nih saya.. masih memperlkukan pelanggan sebagai teman dekat, wkwkwk

  • Arief Rizky Ramadhan 31 July 2010, 08:08

    betul mas… kadang saya gak enak sendiri kalo ada pelanggan voucher saya, “bos, voucher udah ada belum ?” dan saat saya mengatakan “belum bos” ya yang tertangkap di benak pelanggan, jelas kita sedang tidak punya stok bahkan dia akan berpikir bahwa kita akan tidak punya stok dalam waktu yang lama.. dan parahnya memang seperti itu hehee…

    anda puas hubungi teman anda
    anda tidak puas hubungi kami
    (ngambil di tempat cukur langganan saya wkwkwkwk)

  • erick 2 August 2010, 14:53

    spt kata pepatah “kalau anda puas katakan pada orang lain tp kalo anda tidak puas katakan pada kami” pepatah tsb sering sy jumpai di resto2 padang..apapub bisnisnya customer slalu no 1.trims

  • PooSoft-Tips Komputer 2 August 2010, 21:59

    Iya Mas Betul banget, saya paling sebel kalaw nemuin penjual yang hanya mikrin keuntungan Dia saja, btw thanks

  • Fadly Muin 3 August 2010, 00:26

    banget, setujunya.

    kalau masalah sama jasa pengiriman bagrang, saya sudah sering mas. paling tidak enak deh. karena masih ada maa rantai yang dirugikan, yaitu konsumen lainnya.

  • Peluang Bisnis 15 August 2010, 19:32

    Pelanggan adalah raja, jadi mesti dilayani dengan sebaik-baiknya.

  • lili setiawan 5 September 2010, 19:34

    Setuju banget mas, kostumer adalah raja bahkan kostumer menjadi roh bagi bisnis kita kebayangkan jasad tanpa roh tak bergerak alias mati !

    untuk itu utamakan kostumer perlakukan mereka dengan baik penuhi segala kebutuhannya dari A – Z

    Perusahaan aku juga punya semboyan untuk kostumer begini bunyinya…
    ” Kita mengutamakan service yang terbaik kepada pelanggan ”

    ( Di tunggu kunjungan baliknya trus silahkan kasih komentar. Terimakasih)

  • abdurohim 18 June 2012, 11:24

    saya sangat setuju dengan pendapat anda.
    dalam dunia bisnis atau perdagangan pelanggan merupakan hal yang paling dicari dan diutamakan keberadaannya.
    tapi terkadang saya kesulitan dalam mencari pelanggan, oleh karena itu saya mohon kebaikan saudara untuk berbagi tips dalam mencari pelanggan…..!!!

  • Aan Amirudin 21 September 2012, 08:01

    Ini merupakan suatu pelajarn yang sangat penting bagi kami. terima ksih atas infonya.

Leave a Comment