≡ Menu

Pentingkah Penguasaan Produk dalam Seni Menjual?

Pentingkah penguasaan produk dalam seni menjual? Pertanyaan tersebut yang muncul di benak saya, melihat pameran yang diadakan anak smu 1 purworejo kemarin. Walaupun pameran tersebut cuma di kota kecil yaitu purworejo, tapi saya lihat sangat meriah, banyak di kunjungi oleh berbagai kalangan, dari anak muda, bahkan sampai orang tua. Di situpun saya juga tidak mau ketinggalan, sepulang kerja, saya mencoba menyempatkan diri untuk melihat-lihatnya.

Yang pasti jadi pertanyaan anda sekarang, lalu apa hubungannya pameran dengan semi menjual? Oh ya, sedikit bercerita, pameran tersebut berisi produk kerajianan, komputer, buku serta produk-produk menarik lainnya sampai-sampai bingung mau beli apa. He…. Di tengah keramainan tersebut, saya sempat mengunjungi stant toko komputer, karena kebetulan saya sangat suka sekali melihat-lihat harga laptop dan acesoriesnya. Di situ saya mencoba bertanya-tanya ke salah satu penjualnya, karena kebetulan saya lihat harganya agak murah-murah (jadi semangat tanya he…. ). Tapi betapa kagetnya saya, setiap kali saya bertanya? Sang penjual sempat agak kebingungan dalam menjelaskan. Dia harus buka sana buka sini tanya temantemannya juga. 😀

Dari hal tersebut, saya jadi berfikir? Wah… betapa pentingnya penguasaan sebuah produk terhadap produk yang kita jual. Karena jika kita tidak menguasai produk yang kita jual, hal tersebut akan membuat kita repot dalam menghadapi konsumen sekaligus (apa lagi konsumen yang cerewet kayak saya 😀 )  kita juga kelihatan kurang profesional dimata konsumen.  😀

Memang semua harus kita pelajari, terutama terhadap produk yang kita jual. walaupun kita penjual baru? Kita karyawan baru? Atapun reseller yang baru… ? tidak mungkin bukan? Saat konsumen bertanya ke kita, kita akan menjawab ke konsumen? Wah… saya baru disini… jadi saya tidak tahu… 😀

Salam Sukses selalu,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 16 comments… add one }
  • dian lestari 18 June 2010, 10:41

    Amankan pertamax dulu…. 😀

    • mh 18 June 2010, 10:57

      pastinya…wakakakakakakkk

    • T. Wahyudi 18 June 2010, 13:56

      walah…. cuman ngamankan terus…. 🙁

  • mh 18 June 2010, 10:58

    kalo jualan vcc, harus ngerti paypal juga dong mas?

    • T. Wahyudi 18 June 2010, 13:55

      WAJIB mas… he….

    • Kocicka 9 February 2012, 09:39

      “Hi, I can’t crpomehend how to increase your website in my rss reader. Are you able to Support me, please”

  • Agus Siswoyo 18 June 2010, 21:25

    saya jualan tuyul online nggak perlu tahu wujud tuyulnya mas. hehehe…

  • Erdien 19 June 2010, 11:40

    Hehehe… saya pernah menawarkan produk affiliasi kepada temen. Si Temen balik nanya tentang produk, hehehe… saat itu saya kebingungan mo jelasinnya soalnya nggak paham bener tentang produk tersebut saat itu 🙂
    Dari pengalaman tersebut akhirnya upaya untuk mengenal lebih dekat terhadap produk yang mo dijual pun saya lakukan 🙂

  • Udin Hamd | Blogger 2 Inchi 19 June 2010, 18:25

    Pameran murid-muridnya ta mas?

  • Arief Rizky Ramadhan 19 June 2010, 22:21

    kirain banyak di kandang wkwkwkwk

  • FM 19 June 2010, 23:01

    tentu saja sangat penting mas..
    itu menandakan bahwa kita profesioanla dan benar-benar serius dengan produk yg kita jual.

    pengalaman sih begitu, dari rata2 pembeli di unakunik adalah penanya yang paling aktif..:)

  • ratna 19 June 2010, 23:28

    kalo tanya produk biar makin disayang suami say atau jawabannya hehe…

  • 2R 20 June 2010, 09:00

    Kalo utk bisnis Offline sih dibeberapa bidang penting gak penting mas Tri, Sebab wujud produk/jasanya terlihat nyata.

  • Agung Prasetyo 20 June 2010, 12:39

    Betul sekali mas Tri. Affiliate sukses dalam maupun luar negeri pasti awalnya memahami produk yang ingin dia jual selain keuntungan yang diinginkan.

  • Wiwin 22 June 2010, 14:55

    Setuju !! Sebisa mungkin jualan apa pun kita musti tau apa siapa bagaimana produk yang kita jual 🙂 . Rasanya ada kepuasan tersendiri ketika konsumen bertanya dan kita bisa memberikan jawaban dengan mantap. Itu sudah salah satu kesuksesan, bukan ?

  • Handphone Terbaru 22 July 2010, 23:31

    wah menurut saya penting sekali mazz … coz kalo menguasai produk kan jd lebih enak mempresentasikannya ke calon pelanggan kita

Leave a Comment