≡ Menu

Kwalitas dan Layanan yang Akan Menentukan Ramai Atau Sepinya Bisnis Online Anda Kedepan

customer-serviceNgobrol Seputar bisnis online kali ini saya yakin anda diselimuti dengan keceriaan, karena hari ini yang cerah akan membawa energi positif pula pada diri anda. Kemarin saat saya ingin berangkat ke kampus, saya sempat untuk mampir ke tempat cucian kendaraan untuk mencucikan motor. Karena beberapa hari sebelumnya hujan terus menerus sehingga hal tersebut membuat saya harus sering-sering rajin untuk mampir ke pencucian. 😀 Di tengah jalan saya sambil tengak-tengok kanan kiri mencari tempat cuci yang sepi, karena terburunya jadwal mengajar yang sudah mepet. 😀 Dan alhasil… ketemu juga tempat cuci motor yang sepi  yang saya inginkan, sehingga motor saya segera untuk dicuci.

Sambil menunggu pencucian, diotak saya timbul pertanyaan? Kok sepi gini yah? Padahal tempatnya sangat strategis, di pertigaan jalan dekat tempat SPBU pula. Sehingga dapat dipastikan tempat tersebut sangat-sangat berpotensi untuk mengeruk calon pelanggan. Tapi kok Cuma 1-2 orang yang datang ke tempat tersebut? Disitu timbul pertanyaan? Apa penyebabnya?

Setelah saya perhatikan, ternyata yang nyuci Cuma 1 orang sehingga kalau ada 2-3 orang yang datang, yang lain harus sabar untuk antri? Padahal, konsumen ingin proses yang CEPAT. Mereka juga punya aktifitas yang lain, sehingga banyak calon konsumen yang berpindah mencari tempat yang mencucinya cepat. Tidak sampai disitu saja, fasilitas mencucinyapun juga standar tidak ada fasilitas tambahan yang menggiurkan calon konsumen. Apa ini yah? Yang membuat calon konsumen enggan ketempat ini?

Disisi lain ada tempat pencucian yang mempunyai layanan sangat cepat, karena disitu mempunyai banyak karyawan. Sehingga kalau ada konsumen datang untuk memcucikan kendaraannya maka akan langsung ditangani dengan segera, bahkan harganya sama dengan tempat cucian yang saya pakai tersebut di tambah fasilitas semprot salju, semprot oli rantai dan semir ban. Sehingga banyak orang yang mencucikan kendaraannya di tempat tersebut. Sehingga tempat tersebut sangat ramai didatangi calon pelanggan. Padahal kalau dilihat dari disisi tempat, tempatnya JAUH dari kata strategis dibandingkan dengan tempat yang pertama.

Disini saya tidak membandingkan, akan tetapi cuma ingin memberikan sebuah gambaran bahwa sebuah fasilitas dan layanan itu sangat-sangat penting karena hal tersebut akan menentukan ramai atau sepi bisnis anda kedepannya. Begitu pula halnya dengan bisnis online,  Konsumen ingin dilayani dengan puas dan cepat sehingga mereka tidak merasa repot ataupun lama menunggu layanan dari anda.

Yang ingin saya tanyakan disini? Sudahkan hal tersebut anda terapkan pada bisnis internet anda?

Salam Sukses Selalu,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 31 comments… add one }
  • mashengky.com 4 December 2009, 09:31

    ya sudah seharusnya tambah karyawan tuh mas hehehe.. bisnis online juga sama, kalo lama, orang males beli.. makanya pake BB biar jawab emailnya cepat :melet:

    • candradot.com 4 December 2009, 11:11

      @mashengky.com, :hihi:mengejar ngobrol seputar bisnis online buat nambahin beli BB

    • T. Wahyudi 4 December 2009, 11:13

      @mashengky.com, mungkin disisi lain… yang punya bisnis cucian tersebut ragu mas… kalau ditambah karyawan… nanti takut malah pada nganggur…. n banyak pengeluaran….. :hihi:

      • mashengky.com 4 December 2009, 11:21

        @T. Wahyudi, kalo sudah terjun ke dunia bisnis, gak boleh ragu2 mas..

        apalagi, anda sudah menganalisis sendiri, bahwa kekurangan di bisnis cucian motor itu adalah tenaga kerja, padahal anda orang luar lho (cuma mau cuci motor di sana)..

        seharus nya yang punya bengkel cuci motor itu lebih peka daripada anda.. wong dia cari makan ditempat itu..

        betul gak?

        justru, sesuai opini anda di atas, makin banyak karyawan, bisa jadi bisnis cuci motornya makin maju karena makin banyak melayani konsumen, dan makin cepat kerjanya.

        • T. Wahyudi 4 December 2009, 12:34

          @mashengky.com, mungkin hal ini bisa buat pelajaran bagi kita mas…. kita harus buka mata-buka telinga… intip sana, intip sini agak tidak kehilangan pelanggan atau calon penaggan……. :hihi:

  • heru 4 December 2009, 12:30

    mau bisnis, mau usaha, mau sukses.. harus selalu jeli dan selalu siap mental, jangan ragu2 melakukannya. seperti contohnya tukang bakso tetangga saya bisa beli mobil dan mensekolahkan anak sampai ke tingkat yang tinggi. dari 1gerobak sekarang sudah banyak yang membantunya berjualan dan gerobaknya pun juga lumayan banyak sekarang ini. jadi intinya jangan selalu merasa ragu2 dalam melakukan dalam hal bisnis. disamping itu juga harus hati2 dan waspada.
    maaf mas tri jadi ngelantur kemana-mana:hihi::hihi:

    • T. Wahyudi 4 December 2009, 12:37

      @heru, terimakasih sekali mas heru atas sharingnya…. :sip:

  • Ruby 4 December 2009, 12:45

    Semua bisnis jika ditekuni dengan sungguh – sungguh pasti akan membawa hasil, selamat berjuang dalam dunia internet.

    • T. Wahyudi 5 December 2009, 08:17

      @Ruby, terimakasih bu ruby atas kunjungannya…. :sip:

  • Agus Siswoyo 4 December 2009, 15:03

    Seperti posting blog saya beberapa waktu lalu, harus ada pengorbanan untuk sebuah kesuksesan. :sip:

    • T. Wahyudi 5 December 2009, 08:18

      @Agus Siswoyo, tidak hanya pengorbanan mas… tapi juga otak yang cerdas dan JELI dengan kesempatan…:sip:

  • afwan auliyar 4 December 2009, 16:06

    benar juga ….
    setiap orang saat ini butuh respon yang cepat dr segala hal ….
    hilang 1 orang maka kehilangan 1 kepercayaan 🙂

    • T. Wahyudi 5 December 2009, 08:23

      @afwan auliyar, betul sekali mas… apa lagi hilang 10 orang atau lebih… wah….. gawat mas…. :hiks::hiks::hiks:

  • andriristiawan 5 December 2009, 01:53

    layanan dan kualitas paling penting ya mas 🙂
    pelanggan adalah raja…
    untuk sementara belum saya terapkan 🙂
    saya belajar perlahan2 mas tri 🙂

  • pasutrisatu 5 December 2009, 09:27

    wah! rego mawa rupa..mas Tri tahu artinya khan?..yang gak tahu tanya mas Tri..ok :sip:

    • T. Wahyudi 5 December 2009, 10:32

      @pasutrisatu, tapi harganya sama kok mas…. yang satunya malah ada fasilitas tambahan n cepat lagi….. :hihi::hihi:

  • rudy azhar 5 December 2009, 11:41

    Analisa diatas udah memakai Analisa SWOT Mas? memperhitungkan kelemahan dan kekuatan bisnis tersebut dan meninjau kenapa hal tersebut bisa terjadi.

    • T. Wahyudi 8 December 2009, 09:51

      @rudy azhar, insya allah sudah mas…. :hihi:
      tapi… ini hanya pandangan saya… yang sering lewat depan tempat tersebut dan pengamatan saya secara langsung mas….. :hihi:

  • arief maulana 5 December 2009, 14:41

    Aduh baru sempet koment sekarang… padahal dah baca sejak pertama posting… GAGAL PERTAMAX… :jedug:

    Saya juga ada pengalaman soal pelayanan dan kualitas ini Mas. Insya Allah saya posting di artikel berikutnya dan ngelink kesini. :hihi:

    • T. Wahyudi 8 December 2009, 10:21

      @arief maulana, saya tunggu mas…. artikel anda…. :hihi:

  • bhogey 5 December 2009, 15:26

    woh ya setuju banget, sesuai judul diatas.

  • Tony 7 December 2009, 08:27

    aku juga bingung udah diterapkan apa belum ya 😀

    • T. Wahyudi 8 December 2009, 14:19

      @Tony, lho… kok bingung mas…. berarti harus instrupeksi diri lagi mas….. :hehe:

  • fadly muin 7 December 2009, 21:23

    kalau kita perhatikan, bisnis informal pada umumnya, tidak meyadari hal-hal yg dirasakan konsumen. padahal kalau mau empati kemungkinan bisnisnya bisa lebih baiklah..

    • T. Wahyudi 8 December 2009, 14:46

      @fadly muin, :sip: setuju mas…. terimakasih mas fadli atas masukannya….

  • hpnugroho 7 December 2009, 22:16

    terima kasih share ilmunya mas ..
    makin menambah wawasan dan pengetahuan pengelolaan bisnis yg baik ..:sip:

  • Bundapreneur 2 January 2010, 19:23

    Cepat tanggap, cekatan dan prosedural………good analysis mas…….sudahkah disampaikan kpd si pemilik cucian motor?

Leave a Comment