≡ Menu

Jadilah Pebisnis Sejati, Hadapi Pesaing Anda dengan Bersih Hati

Kata pesaing, bikin kepala jadi pusing. Hal itu dapat terjadi jika anda tidak siap untuk menghadapi sebuah persaingan. Rasa was-was, gerang, pusing ataupun niat jahat pasti selalu menghantui otak. Yah… itu adalah cirri-ciri jika anda tidak sanggup untuk menghadapi sebuah persaingan… Apalagi sebuah persaingan bisnis.. yang menentukan maju mundurnya bisnis anda kedepan.

Kaget dan terpukul memang rasanya… jika anda saat mempunyai sebuah usaha… tiba-tiba muncul sebuah usaha lain yang hampir serupa dengan produk anda. Dan usaha mereka lebih maju di banding dengan punya anda, bahkan pelangan anda banyak yang kabur ke mereka. Rasa jengkel, marah, gerang pasti jadi satu… rasanya pingin sekali melabrak mereka dan menyuruh mereka untuk menghentikan usahanya? BETUL? ( ini perkiraan pemikiran saya terhadap pikiran anda… he… sokteu mode on)

Tapi sebetulnya, anda jangan dmikian… Anda harusnya koreksi diri… Apa yang kurang di diri anda… sehingga pelanggan kabur untuk lari ke orang lain? Apakah dari segi harga? Layaran, ataupun yang lainnya… Saya yakin.. jika anda benar-benar memperhatikan hal tersebut dan berusaha memperbaikinya… ada banyak pesaing yang datangpun… para penggan tidak akan pernah lagi dari diri anda..

Jadilah pebisnis sejati, Hadapi pesaing anda dengan bersih hati. Hadapilah pesaing anda secara positif… saya yakin… sebuah persaingan.. akan membuat usaha semakin maju… jika anda mampu dan bisa menghadapinya secara positif… begitu pula sebaliknya… sebuah persaingan… akan membuat anda hancur jika anda menghadapinya sebagai hal yang menakutkan…

Salam sukses selalu,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 43 comments… add one }
  • suarakelana 31 March 2010, 16:55

    asyik datang duluan

    • suarakelana 31 March 2010, 17:15

      @suarakelana, akal sehat makin terkikis jika yg dipertaruhkan semakin tinggi …. kalau mental belum kuat sebaiknya cari yg tingkat persaingannya masih moderat

    • T. Wahyudi 31 March 2010, 17:16

      @suarakelana, selamat mas… dapat :pertamax ini cuma ada :cendol buat mas… :ngakak:ngakak:ngakak

      • suarakelana 31 March 2010, 18:43

        @T. Wahyudi, o..ya mas, kalo gak keberatan saya numpang tanya… :bingung
        emot yg ada gambar nyediakan kopi pahit (bukan cendol) bisa donlod dimana ya ? :ngakak

        • T. Wahyudi 1 April 2010, 13:08

          @suarakelana, hmmm…. yang kopi pahit gimana mas? :maho:maho:maho

  • Andrik Sugianto 31 March 2010, 17:15

    Nemeni mas suara kelana aja sekalian ngabsen. lum punya bisnis mas jadi lum punya pesaing.:ngakak

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 13:11

      @Andrik Sugianto, katanya mau bikin bisnis jualan kambing mas? :ngakak:ngakak:ngakak

      • Andrik Sugianto 3 April 2010, 19:11

        @T. Wahyudi, kambing apa kelinci ya enaknya? kasih masukan donk!:ngakak

  • mh 31 March 2010, 17:38

    rasanya seperti ditonjokin mike tyson.. bak buk bak buk..:bata

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:46

      @mh, :ngakak:ngakak:ngakak:ngakak:ngakak:ngakak

      • mh 2 April 2010, 06:52

        @T. Wahyudi, waakakakakakkakkk :alay

    • Arief Rizky Ramadhan 1 April 2010, 19:38

      @mh, iklan nih :ngakak:ngakak:ngakak

      • mh 2 April 2010, 06:54

        @Arief Rizky Ramadhan, wakakakakakak…:mahongintip

  • belajar investasi 31 March 2010, 18:26

    emas murni lahir dari proses pemanasan dengan tanur tinggi:alay yang lembek dan tidak berani menghadapi persaingan hanya akan menjadi emas muda dan berkarat rendah :ngakak

    • Erdien 1 April 2010, 08:25

      @belajar investasi, Anak emas nih :ngakak

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:47

      @belajar investasi, maknyus… thanks mas… atas sharingnya…. :cendol

  • Bundapreneur 31 March 2010, 19:05

    Si :maho jadi gerang ketika bisnisnya diserang…….perang gerilya mempertahankan diri

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:47

      @Bundapreneur, siapa tuh bunda? :maho:maho:maho

  • ALHIJR'S 31 March 2010, 23:57

    Bener..MasHatiiniSelaluHarusDibersihin….PakeSIkatHati

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:48

      @ALHIJR’S, mas jual? :ngakak:ngakak:ngakak

  • Erdien 1 April 2010, 08:28

    Bersih hati? Yes!
    Kecil hati? No!
    Pesaing sesungguhnya akan menjadikan lebih maju jika dapat mencermatinya, karena dari merekalah kita juga dapat belajar tentang apa yang menjadi saingan usaha kita.
    Saya belom punya pesaing! Lha wong yang mo disainginya juga nggak ada hehehe…. 😀

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:48

      @Erdien, :ngakak:ngakak:ngakak harusnya memang kita tidak pernah merasa di saingi mas…. :cendol

  • heru 1 April 2010, 08:30

    dengan memiliki niat yang kuat dan saling mengisi dengan yang lain serta jujur melakukannya, akan mendapatkan teman yang banyak. jadikan pesaing teman sekaligus mitra untuk berkerjasama:cendol

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:49

      @heru, :cendol mantap… thanks mas heru atas sharingnya….

      • heru 2 April 2010, 23:03

        @T. Wahyudi, :sungkem

  • fadly muin 1 April 2010, 11:57

    bersaing itu nikmat kok. saking nikmatnya kadang-kadang kita terpancing untuk bertindak lebih agresif…:maho

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 16:49

      @fadly muin, :ngakak:ngakak:ngakak :mahongintip

  • RR 1 April 2010, 13:07

    Artikel yg sangat menarik mas Tri, posting ini Seperti menceritakan flashback Bisnis Offline Sy 5th yg lalu, Tp Alhamdulillah sekarang ini sdh terbiasa, ngadapin Kompetitor cukup dengan Senyuman. Hikmah yg Sy dapat skr, justru malah jd Mitra Bisnis yg Solid.:recseller

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 23:34

      @RR, jadinya…. maknyus berarti ya mas…. :sundul:sundul:sundul

  • turisuna 1 April 2010, 13:55

    Anggap aja persaingan itu sebuah permainan, semakin ketat permainan, malah semakin seru, apalagi klo berhasil menjadi pemenang :pertamax

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 23:36

      @turisuna, mantap mas… yang penting selalu wapada aja mas… takut kalau di tikam dari belakang…. :ngakak:ngakak:ngakak (kayak main perang-perangan aja…. :mahongintip )

  • Arief Rizky Ramadhan 1 April 2010, 19:42

    kalo dapatnya bersih pasti hasilnya bersih dan kalo bersih lebih enak dinikmati :alay

  • Ahmad IM-bisnis 1 April 2010, 21:10

    khawatir berlebihan gak baik buat kesehatan:cendol:cendol:sundul:sundul

    • T. Wahyudi 1 April 2010, 23:41

      @Ahmad IM-bisnis, bikin sakit apa mas? :ngakak:ngakak:ngakak

      • Arief Rizky Ramadhan 2 April 2010, 14:53

        @T. Wahyudi, serangan jantung,impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin om :ngakak:ngakak:ngakak

  • masadif 3 April 2010, 04:50

    Halo mas TRi,ketemu lagi neh.
    Saya ini kayaknya termasuk pengunjung setia blognya mas Tri loh..he..he..
    ,walaupun mas Tri belum pernah berkunjung ke saya, ga pa pa kok…
    Sampe-sampe saya buat artikel judulya:”Ini blog saya mas Tri”,pengennya sih ditanggapi gitu loh,tapi ga papa ,yang namanya orangg sibuk gimana sih, ha..ha..
    Menanggapi pesaing kita,kalo menurut saya ya kita usahakan bisnis kita lebih baik dari dia,kita harus lebih unggul dari berbagai segi,jadi apanya yang kurang dari pesaing kita,kita tingkatkan.
    Lebih baik lagi kalo pesaing kita dijadikan alat pemacu agar bisnis kita lebih maju lagi,sebab pesaing dibutuhkan agar bisnis kita tidak stagnan/statis ato berjalan ditempat,ato gitu2 aja ,gak ada perkembangan.
    Banyak pengusaha yang menanggapinya dengan cara yang kurang baik,tidak fair.
    Salam buat mas Erdien,ketemu di sini mas,gimana khabarnya?
    Terimakasih mas Tri,telah mengijinkan saya ngoment.
    Salam sukse buat semua,yuuk kita “bersaing sehat”

  • Anggara 4 April 2010, 06:27

    Salam kenal.
    Terima kasih telah berbagi indormasi berguna. Kunjung balik ya. Tks.

  • RR 4 April 2010, 06:38

    Kunjungan Weekend nih mas, Semoga Mas Tri sekeluarga selalu dalam lindungan yg kuasa. Amin

  • engga 4 April 2010, 19:59

    tambahan , yang penting jangan bisnis :maho . hahah

  • agus 8 April 2010, 23:15

    Salam kenal mas,
    Mksih atas tipsnya..

    mampir ya ke weblog saya ya mas..

Leave a Comment