≡ Menu

Belajar Berdisiplin Bisnis Internet dengan Kedisiplinan Orang Jepang

bunga sakuraKemarin saya sempat terbaring lemas di rumah karena tidak enak badan, sambil tiduran tak berdaya di tempat tidur saya coba ngidupin laptop, itung-itung buat hiburan 😀 sambil dengerin music di winamp, saya juga sambil lihat-lihat foto dan video kenang-kenangan kakak waktu di jepang kemarin. Disaat melihat-lihat gambar dan video tersebut, saya sempat terkagun-kagun serta bangga. Sampai sekarang pun saya masih kagum, melihat budaya orang jepang yang begitu luar biasa. Dari tulisan, bahasa, objek wisata, serta kebiasaan masyarakatnya yang terkenal begitu disiplin dan bertanggung jawab. Serta bangga, karena kakak yang cuma lulusan SMK dan terlahir di kalangan keluarga kami yang begitu sederhana. Diberi sebuah kepercayaan oleh perusahaannya untuk bersekolah di jepang.

Dari penghayatan tersebut, saya jadi sempat berfikir. Coba kalau seandainya kedisiplinan dan keuletan orang jepang tersebut di terapkan di bisnis internet orang Indonesia. Terutama saya…. 🙂 pasti, perkembangan bisnis internet Indonesia semakin maju dan berkembangang sangat pesat. Kita bisa selalu disiplin update blog, disiplin pasang iklan, konsisten dengan bisnis yang kita tekuni.. dan sebangainya… 😀
Disini saya bukan berarti meganggap orang-orang bangsa kita kurang atau gimana, akan tetapi, berdasarkan fakta nyata kebanyakan masih punya sifat malas dan kurang disiplin… termasuk saya juga tentunya… 😀 Mungkin jika mulai sekarang kita mencoba untuk berdisiplin dalam berbisnis, kita dapat meraih kesuksesan di bisnis internet seperti yang kita harapkan, saya yakin tidak ada kata terlambat… yang penting adalah niat untuk berubah dan tindakan nyata.
Salam Sukses,

About the author: Bukan seorang pakar ataupun ahli, cuma seorang yang inging berbagi tentang apa yang sudah di alami ataupun pernah di pelajari.

{ 30 comments… add one }
  • mashengky.com 13 August 2009, 15:10

    mimpi kali yee…
    tapi saya salut juga mas dengan mimpi anda.. semoga gak stop dreaming..

    • T. Wahyudi 14 August 2009, 14:20

      @mashengky.com, amin… do’anya aja mas…. 🙂

  • Ricky 13 August 2009, 17:02

    Sepakat mas, Salah satu contoh yang bisa kita contoh dari jepang adalah kedisiplinannya dalam mengerjakan sesuatu. Saya berharap kepolisian Indonesia dapat menerapkan sikap tersebut untuk menangkap teroris..wkwkwk.

  • Khery Sudeska 13 August 2009, 20:12

    Setuju, Mas Tri… Sudah seharusnya mulai tekuni bisnis internet dengan serius dan disiplin. Seperti slogan Bang JS hehe… 😀

    • T. Wahyudi 14 August 2009, 14:21

      @Khery Sudeska, stop dreaming… start action….

  • theo roberto 14 August 2009, 11:35

    Kedisiplinannya emang perlu ditiru..tapi yg bikin bingung itu gimana biar kita bisa terus punya ide buat nulis..he..he
    salam kenal ya..

    • T. Wahyudi 14 August 2009, 14:21

      @theo roberto, konsistensi dan niat mas…
      salam kenal juga mas… 🙂

  • bisnis online | heru 14 August 2009, 23:19

    wah kemarin ketemu pak sungkan, dan hari ini ketemu pak sabar nich hehehe. disiplin dan optimis dalam menjalani kehidupan, semuanya akan mendapatkan hasil yang maksimal. betul ngak mas motivator

    • T. Wahyudi 15 August 2009, 11:56

      @bisnis online | heru, wadoh… mas heru bisa aja… saya bukan motivator mas… saya cuma nulis yang saya ingin tulis mas… 🙂

      • bisnis online | heru 15 August 2009, 16:19

        @T. Wahyudi, merendah memang sudah sifatnya manusia, tapi dibalik semua itu tersimpan kharisma yang tinggi

  • kucrit 15 August 2009, 01:13

    sebenarnya tidak hanya dalam berbisnis saja kedisiplinan harus diterapkan. tapi dalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya harus bisa diaplikasikan..
    saya disiplin belum ya.. keknya masih belum deh.. wekekekekekek.. salam kenal bozz..

    • T. Wahyudi 15 August 2009, 11:57

      @kucrit, setuju mas… berarti sama dong mas… 😀 tapi gak ada salahnya deh… kalau kita belajar dari sekarang… 🙂

  • Gostav Adam 15 August 2009, 01:47

    Salam kenal dari kami. PUrworejo juga yo mas? Saya dari kutoarjo.

    Tapi memang seperti itu adanya orang jepang disiplin, bener2 meghargai waktu. Suatu negara akan mampu menjadi negara yang maju jiakalu diusung oleh Sumber daya Manusia yang memang berkualitas. Jepang bisa dibayangkan sedikit sekali sumber daya alam, namun karena keuletan dan disiplin mereka bisa maju seperti sekarang ini. Ngomong2 maslah kualitas SDM. Indonesia tidaklah kalah. Banyak warga kita yang pandai. namun memang budaya orang-orang kita yang tidak bisa sedisiplin orang2 jepang.

    Buktinya banyak lulusan kita dari luar negeri yang mendapat apresiasi yang lebih dari kampus. Pemerintah juga sudah begitu banyak memberikan beasiswa kepada warganya. Perhatian lebih kepada masalah pendidikan saat ini SD-SMP aja dah gratis. mungkin suatu saat nanti SMA-Kuliah akan gratis juga seperti di jepang. Bertahap, karena pendidikan yang baik juga harus ditopang dengan anggaran yang banyak juga. Sedangkan anggaran kita begitu banyak pembelanjaan tidak hanya sekedar pendidikan. Namun pendidikan sekarang juga sudah lumayan, 20% dari pendidikan. Guru2 ditingkatkan kesejahteraanya.

    Masalah wirausaha memang harus bener2 ada program pembelajaran di kurikulum sekolah. Karena itu sangatlah penting. Negara yang maju adalah negara yang mampu menciptakan kawula muda yang kreatif dan inovatif. Generasi Wirausaha mandiri. Dan ini tampak sekali di Jepang. Namun bertolak belakang di Indonesia. Setelah lulus kuliah pengin kemana mas/mbak?? Pengin jadi pegawai…halah. Beda dengan di negara maju, menciptakan sesuatu yang baru untuk dikonsumsi oleh publik

    Namun arah pembangunan kita mau kesana. Sudah banyak program televisi yang mengedepankan wirausaha. Semangat terus

    Salam kenal dari kami. Kapan2 mampir ke blog kami. Sudah aku link. Thanks

    • T. Wahyudi 15 August 2009, 12:02

      @Gostav Adam, betul sekalu mas… saja dari purworejo… anda purworejonya mana mas? 🙂

      betul sekali apa kata anda… sebetulnya orang-orang kita yang disiplin sangat banyak… akan tetapi… masih kalau banyak dengan yang gak disiplin… sehingga… yang di siplin… biasanya dia jadi ngikut gak disiplin…. 😀

      mungkin kebiasaan itulah yang perlu kita rubah ya mas…

      salam sukses paling hangat mas…

    • Erwan 14 March 2010, 12:46

      @Gostav Adam, Ya bener di Indonesia untuk jadi PNS dan TNI Polri, harus nyogok sana-sini, yah ini yg slah siapa, kapan Indonesia bisa maju kalau begitu, dan begitu kok yo rame banget peminatnya yg nyogok

  • rudy azhar 15 August 2009, 12:12

    ARIGATO GODAI MASTA, WAKARI MASENG.. MAS…

    • T. Wahyudi 16 August 2009, 17:39

      @rudy azhar, arigato juga mas rudy…. 😀

  • Bisnis Online 15 August 2009, 15:11

    Yup org Jepang terkenal karena kedisiplinannya

    • T. Wahyudi 16 August 2009, 17:39

      @Bisnis Online, kalau orang indonesia terkenal apanya mas… 🙂

  • candradot.com 15 August 2009, 22:46

    orang jepang semangatnya patut ditiru….
    demikian dengan kita ya mas tri.
    sukses ya mas skripsinya

    • T. Wahyudi 16 August 2009, 17:42

      @candradot.com, seep!! setuju mas candra… 🙂
      amin mas candra… do`anya aja mas… sukses juga buat bisnis pulsanya mas candra…. 🙂

  • Brandal Surga 16 August 2009, 02:41

    Sekarang kan udah diubah bro “Rajin pangkal kaya. Hemat pangkal banyak duit” ehehehe….
    Disiplin emang susah tp semuanya emang gak ada yg gampang bukan di dunia ini??

    • T. Wahyudi 16 August 2009, 17:43

      @Brandal Surga, sekarang kencing aja susah lho mas…. harus nyari kamar mandi soalnya…. hik… hik… hik….

  • www.purworejo.asia 16 August 2009, 06:57

    Berarti disiplin pangkal bisnis ya…
    dan bisnis pangkal kaya,
    kalau udah kaya malah udah nggak disiplin lagi,he…he…

  • Lendra Andrian 16 August 2009, 11:39

    kenapa disiplin itu selalu di identikan dengan Jepang ya mas? hehehe…. orang Indonesia sekarang sudah banyak yang di siplin juga kok 🙂

    • T. Wahyudi 16 August 2009, 17:47

      @Lendra Andrian, karena mereka memang benar-benar layak mas… dapat predikat itu…. 🙂

      betul sekali mas lendra… udah banyak yang disiplin… tapi, sangat banyak yang belum sadar akan kedisiplinan…. contohnya sepele kok…. berangkat kerja aja… banyak yang terlambat… mereka hanya mengandalkan alasan yang gak masuk akal… dan seharusnya bisa diantisipasi…. 😀

  • Reza Fauzi 16 August 2009, 11:56

    orang jepang emang dikenal paling disiplin… patut ditiru

    • T. Wahyudi 16 August 2009, 17:49

      @Reza Fauzi, seep!! setuju mas… 🙂

  • Haris 16 August 2009, 19:25

    memang benar, orang jepang sangat disiplin, dan pekerja keras. etos kerja orang jepang sangat luar biasa.

    itulah sebabnya, setelah hancur pada tahun 1945 dalam serangan Hiroshima dan Nagasaki, beberapa puluh tahun kemudian jepang berhasil keluar sebagai negara maju.

    saya pernah bekerja dengan orang Jepang di Jakarta (koresponden salah satu koran jepang) biro jakarta. jadwal sangat ketat, tidak ada office boy. saya selain bekerja sebagai reporter/editor juga sebagai office boy.

    intinya, perbandingan cara kerja mereka kira-kira 1 orang jepang=3 orang indonesia. artinya, kerja yang bisa dilakukan satu orang jepang, di indonesia dilakukan oleh 3 orang.

  • dinoyudha 1 September 2009, 05:54

    Bisnis internet butuh pengorbanan, dan memang segala sesuatunya dikerjakan harus dengan all out. Namun, ketika harus konsentrasi ke internet selalu, terkadang, dunia sesungguhnya jadi terlupakan, karena keasyikan dengan dunia mayanya. CMIIW.

Leave a Comment